Retail & Property

Tahun Ini, Tokopedia dan Shopee Jadi e-Commerce Pilihan Konsumen Indonesia

Pesta para pelaku e-commerce Hari Belanja Online Nasional baru saja usai. Sudah tentu, hampir semua e-commerce menorehkan pencapaian positif. Namun begitu, siapa sebenarnya juara e-commerce di Indonesia?

Pertanyaan tersebut bisa terjawab dari hasil survei yang dilakukan oleh Pusat Data dan Analisa Tempo Media (PDAT). Dalam survei bertajuk Perilaku Belanja Online Nasional 2019 ini terungkap e-commerce mana yang paling disuka konsumen Indonesia.

Hasilnya, Tokopedia merupakan e-commerce dengan brand awareness tertinggi dengan tingkat awereness mencapai 90%. Kemudian, disusul oleh Shopee yang awereness-nya di angka 80%.

“Namun, bila dibedah berdasarkan gender, di kalangan perempuan Shopee punya awereness tertinggi, baru kemudian Tokopedia. Sedangkan para pria menempatkan Tokopedia sebagai e-commerce yang paling diingat dan disusul Bukalapak, Shopee, Lazada, dan lainnya,” kata Ai Mulyani, Head of Research and Data Analysis Pusat Data dan Analisa Tempo (PDAT), hari ini (18/12/2019).

Tokopedia dan Shopee masih bersaing ketat dalam temuan-temuan lainnya. Di antaranya, tentang e-commerce yang paling sering dikunjungi, posisi tertinggi Tokopedia (38%) dan ditempel ketat Shopee (35%). Namun, bila dilihat dari sisi gender, Tokopedia masih paling sering dikunjungi kaum pria sedangkan Shopee oleh para perempuan. Jauh di bawah dua e-commerce ini ada Bukalapak (13%) dan Lazada (10%).

Kemudian, Tokopedia masih menjadi e-commerce yang paling sering dibeli, disusul Shopee. Dan, dari sisi gender juga berlaku kondisi yang sama dengan temuan sebelumnya.

“Shopee mengungguli Tokopedia dalam hal layanan di kalangan perempuan. Di kalangan pria, Tokopedia masih diunggulkan dan disusul Bukalapak,” tambah Ai.

Secara umum, Tokopedia dan Shopee menjadi dua e-commerce yang berada di posisi teratas, sebagai e-commerce paling populer, paling sering dikunjungi, produknya paling sering dibeli dan telah memberikan layanan terbaik kepada pelanggannya

Survei ini melibatkan 1.027 responden dengan proporsi perempuan 54% dan 46% laki-laki. Secara tingkat pendidikan 65% setingkat S1.

Bagaimana dengan tahun depan? Rezky Yanuar, Country Brand Manager Shopee Indonesia mengatakan bahwa industri e-commerce akan semakin berkembang. “Kami akan semakin banyak menggandeng pelaku UKM di Indonesia,” pungkasnya

MARKETEERS X








To Top