Tak Ingin Stagnan, Komunitas Harus Bertransformasi Jadi Portal Berita

profile photo reporter Marketeers Editor
MarketeersEditor
10 Februari 2016
marketeers article
Giring Ganeshamenyadari potensi anak muda tidak bisa dilepaskan begitu saja. Tidak mau hanya menjadi seorang vokalis band Nidji, Giring kini memiliki portal komunitas bernama Kincir.com. Usaha yang dimulai pada tahun 2012 ini merupakan sebuah portal di mana fans dan artis dapat bertemu di dunia maya.
“Jadi, Kincir.com ini merupakan situs komunitas fans artis. Siapa pun bisa bergabung di sini jika ia memang seorang fans selebriti dan bisa melihat berbagai aktivitas sang selebriti di situs ini. Seorang fans Raisa bisa melihat aktivitas Raisa karena di timeline milik fans tersebut akan hadir update media sosial termasuk berita-berita yang mengangkat seorang Raisa,” ujar Giring di Jakarta pada Rabu (10/2/2016).
Berawal dari komunitas ini kemudian Giring mencoba bergerak maju membawa Kincir.com menjadi sebuah portal berita. Itu berangkat dari pengunjung setia Kincir.com yang rata-rata masih sangat muda jika tidak mau disebut ABG. Lewat viral.Kincir.com, Giring mengangkat berbagai berita, informasi, dan tips seputar dunia anak-anak muda dari usia 15 sampai 25 tahun, yang merupakan target pasar potensial.
“Fans itu adalah penggemar die hard. Kincir.com itu platform bagi die hard fans yang porsinya dibanding penggemar biasa sangat niche. Potensi ke depannya stagnan. Sebab itu, saya memperbesar pasar lewat portal viral.Kincir.com dengan konten berbau anak muda seperti film, musik, dan konten ringan serta fun lainnya yang dibawakan dengan gaya mereka. Termasuk dari segi komunikasi, kami gunakan kata kepo dan kata-kata gaul anak muda sehari-hari. Jadi dari komunitas, kami lebarkan sayap menjadi portal berita,” terang Giring lagi.
Menurutnya, tidak hanya soal dunia hiburan konten dalam viral.Kincir.com. Sesuai namanya viral, hal-hal paling update pun akan hadir di sini, termasuk dari bidang lain seperti politik. Giring mencontohkan bahwa pada momen aksi teroris pada Januari 2016 lalu, mereka mengangkat berita itu dari sisi lain, bukan dari sisi pemberitaan layaknya media-media berita nasional.
“Kami angkat sisi keponya, di mana orang Indonesia memiliki keingintahuan tinggi ketika ada peristiwa terjadi. Kita lihat kan ada banyak foto teroris memegang senapan, sementara masyarakat malah menonton di sekelilingnya. Di situlah, kepo masyarakat kita. Dengan tema unik itu, kami berharap konten seperti akan jadi viral dan menjadi perbincangan,” sambung Giring lagi.
Ketika disinggung portal berita miliknya akan memiliki kemiripan dengan portal lain seperti Malesbanget.com milik Christian Sugiono, Giring menyatakan keduanya berbeda. Dari segi konten, viral.Kincir.com memang diperuntukan bagi segmen anak muda terutama ABG, sehingga informasi disampaikan juga akan sangat relevan dengan dunia mereka. Sementara, baginya Malesbanget.com memiliki segmen lebih matang.
Editor: Sigit Kurniawan 

Related