Finance

Tambah Segmen Pasar, CS Finance Berubah Jadi BCA Multi Finance

CSF Finance, salah satu entitas usaha di dalam BCA Grup bertransformasi menjadi BCA Multi Finance. Lewat transformasi ini, segmen bisnis yang akan digarap pun akan semakin luas. Selama ini, CSF Finance fokus pada pembiayaan sepeda motor.

“BCA Multi Finance hadir untuk menjawab kebutuhan pelanggan yang semakin beragam. Jangkauan BCA Multi Finance akan lebih luas lagi, selain tetap memberi pembiayaan ke pembelian sepeda motor juga akan masuk ke  pembiayaan mobil bekas dan multiguna. Meski begitu, perusahaan harus tetap menjaga agar kucuran kredit tetap sehat,” kata Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA, saat peluncuran entitas baru ini, (11/10/2019).

Sebelumnya, CS Finance adalah perusahan hasil kerja sama antara BCA dan sebuah perusahaan pembiayaan. Pada 22 November 2017, BCA menjadi pemilik 100% saham di CS Finance setelah membeli 30% saham milik  PT Multikem Suplindo.  Paska pembelian, komposisi kepemilikan saham menjadi 75% BCA dan 25% BCA Finance.

Herwandi Kuswanto, Presiden Direktur BCA Multi Finance menambahkan bahwa dengan mengusung nama BCA ini harapannya akan membawa dampak positif bagi bisnis. “BCA sudah dikenal masyarakat dengan layanan dan keunggulan produknya. Kami optimistis bahwa nama besar BCA akan membuat konsumen semakin percaya pada kami,” katanya.

Selain membiayai segmen otomotif, BCA Multi Finance juga berencana menggarap segmen mortgate alias kredi kepemilikan rumah. Namun, nantinya akan lebih selektif dalam memilih aplikasi pengajuan. “Pembiayaan KPR mungkin untuk yang modal kerja jangka pendek, antara 1-3 tahun, bukan yang jangka panjang,” tambah Herwandi.

Apakah nantinya BCA Multi Finance juga menggarap pasar mobil baru? Herwandi menegaskan arah menuju ke sana sudah ada dalam rencana. “Tapi, sudah pasti BCA Multi Finance tidak akan menjadi kanibal bagi kakak kami, BCA Finance,” tegasnya.

Tahun ini, BCA Multi Finance sudah mulai menggarap segmen pembiayaan mobil bekas. Hingga September, nilai kucuran telah mencapai Rp 130 miliar. Targetnya, tahun depan bisa mencapai Rp 800 miliar. Sedangkan untuk sepeda motor, target kucuran pembiayaan pada tahun 2020 di angka Rp 2,7 triliun.

Saat ini, BCA Multi Finance memili 71 cabang dan 13 pos di berbagai wilayah di Indonesia. Perusahaan pembiayaan ini juga sudah menggandeng berbagai diler kendaraan roda dua, seperti Honda, Suzuki, Yamaha, Piaggio, Harley Davidson, Royal Enfield, BMW, Ducati, Viar, Benelli, dan KTM.








To Top