Tambah Pilihan Pembayaran, KaryaKarsa Luncurkan In App Wallet Kakoin

profile photo reporter Muhammad Perkasa Al Hafiz
MuhammadPerkasa Al Hafiz
20 September 2022
marketeers article
Peluncuran Kakoin KaryaKarsa (Foto: Hafiz/Marketeers)
KaryaKarsa, platform bagi para storyteller yang ingin mendapatkan dukungan dari komunitas fans-nya, berupaya menciptakan ruang lingkup yang aman dan nyaman terutama dari segi transaksi digital. Dari misi tersebut, KaryaKarsa mengembangkan Kakoin.
In app wallet Kakoin hadir dalam bentuk saldo koin yang memudahkan fans untuk memberikan dukungan kepada storyteller favorit. Fitur ini pun menjadi tambahan untuk pilihan pembayaran bagi para pengguna atau yang mereka sebut fans.
“Banyak fans yang merasa kesulitan memberikan dukungan karena harus berganti metode pembayaran, sehingga membutuhkan lebih banyak waktu sampai transaksi berhasil. Dari situ, tercetuslah ide untuk mengembangkan Kakoin sebagai fitur di KaryaKarsa,” tutur Ario Tamat, Chief Executive Officer KaryaKarsa pada konferensi pers di Jakarta, Selasa (20/9/2022).
Ario menuturkan, pengembangan Kakoin ini merupakan buah hasil pendekatan co-creation. Pasalnya, perusahaan mendapat masukan dari para konsumen dalam pengembangannya.
Melalui fitur Kakoin, baik fans maupun storyteller akan lebih mudah untuk saling memberikan dukungan dan menikmati karya. Selain itu, Kakoin juga merupakan salah satu bagian dari proses adaptasi KaryaKarsa dalam menyempurnakan ruang lingkup keuangan di satu platform, sehingga dukungan dari fans dan penghasilan storyteller tetap terjaga.
KaryaKarsa melihat tantangan transaksi yang dialami oleh fans sebagai peluang untuk mengembangkan metode pembayaran yang tidak hanya memudahkan, tetapi juga menjamin keamanan baik bagi fans maupun storyteller. Keuntungan untuk para storyteller salah satunya adalah pembelian Kakoin biasanya merupakan disposable income, sehingga potensi dukungan dari fans akan lebih tinggi.
“Di sisi lain, Kakoin juga mempermudah para pendukung atau fans di luar negeri. Dan menjadi cikal bakal untuk KaryaKarsa ekspansi ke luar negeri,” jelas Pribadi Pranata, Head of Growth KaryaKarsa.
Kakoin dikembangkan sejalan dengan regulasi di Google Play dan iOS terkait kewajiban aplikasi memiliki metode pembayaran bawaan. Dengan penyesuaian tersebut, saldo Kakoin yang saat ini sudah bisa digunakan di aplikasi dan website KaryaKarsa tidak hanya tercatat dengan rinci, tetapi juga menjamin transparansi hasil dukungan yang didapat oleh storyteller.
Khusus untuk storyteller yang telah memasang harga pada karyanya, hasil dukungan Kakoin tetap diterima dalam bentuk rupiah, sehingga storyteller dapat menarik hasil dukungan seperti biasa.
KaryaKarsa juga menjamin fleksibilitas penggunanya untuk melakukan top up saldo Kakoin tanpa harus pindah metode pembayaran. Untuk menambah saldo melalui fitur Kakoin, top up Kakoin di aplikasi dapat dilakukan dengan metode pembayaran yang tersedia di Play Store, baik terintegrasi dengan pulsa, e-wallet, maupun rekening kartu debit. Sementara, top up Kakoin di website dapat menggunakan metode pembayaran lainnya yang tersedia di KaryaKarsa.
KaryaKarsa juga melihat potensi besar Kakoin akan menjadi metode pembayaran utama di aplikasi KaryaKarsa. Hal ini diperkuat oleh respons positif pengguna.
Perusahaan mencatat, selama sebulan pertama Kakoin menjadi metode pembayaran unggulan di KaryaKarsa dalam dua hari, bahkan saat ini transaksi harian paling banyak menggunakan Kakoin. Hadir sejak bulan lalu, KaryaKarsa juga mencatatkan transaksi sebesar 8 juta koin atau senilai Rp 800 juta yang bergulir dalam sebulan
“Setelah merilis fitur Kakoin di website dan pengguna Android di Play Store, kami juga akan merilis fitur Kakoin bagi pengguna iPhone di iOS. Fitur ini pun dapat kami kembangkan secara menyeluruh dan mempermudah fans baik di dalam maupun luar negeri,” tutup Ario.

Related