Lifestyle & Entertainment

Tambang Batu Bara Ombilin Dinobatkan Sebagai Warisan Dunia UNESCO

Pesona Indonesia tidak ada habisnya. Selain kekayaan alam yang melimpah, Indonesia juga memiliki banyak situs-situs bersejarah. Salah satunya Tambang Batu Bara Ombilin di Kabupaten Sawahlunto, Sumatera Barat. Situs ini resmi dinobatkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada Minggu (07/07/2019).

“Dibangun untuk menambang, memproses, dan mendistribusikan batu bara berkualitas tinggi di Sumatera, situs industri ini sangat istimewa sebagai pionir produksi tambang yang efisien dan sangat maju pada zamannya,” tulis UNESCO dalam pernyataan resminya.

Tambang batu bara Ombilin dibangun oleh Belanda pada akhir abad ke-19 dan selesai pada awal abad ke-20. Pembangunan situs ini melibatkan masyarakat lokal yang terikat sistem kerja rodi. Di situs ini, pengunjung bisa menemukan gua tambang dan pelabuhan dengan tempat penyimpanan batu bara. Tambang Ombilin dinilai memiliki efisiensi kerja tambang yang baik dengan ditemukannya rel kereta sebagai alat transportasi baru bara dariĀ  gua tambang ke gudang penyimpanan di pelabuhan Emmahaven.

“Sius ini dibangun dengan sistem integrasi yang membuat kerja tambang sangat efisien. Mulai dari proses penambangan, produksi batu bara, transportasi, hingga distribusi batu bara,” lanjut UNESCO.

Tambang Ombilin saat ini tidak lagi melakukan kegiatan operasional penambangan. Situs ini beralih fungsi sebagai destinasi pariwisata sejarah di Sumatera Barat. Tidak hanya Tambang Ombilin, UNESCO juga menobatkan enam situs warisan budaya dunia lain. Di antaranya adalah Dilmun Burial Mounds (Bahrain), Lanskap Budaya Budj Bim (Australia), Kota Liangzhu (Tiongkok), Kota Jaipur (India), Pekuburan Kuno Mozu-Furuichi (Jepang), dan Situs Megalitikum Xiengkhouang (Laos).

Editor: Sigit Kurniawan








To Top