Government & Public Services

Telkomsel Dukung Smart City di Kabupaten Sumedang

SUMBER: TELKOMSEL

Telkomsel mendukung Pemerintah Kabupaten Sumedang dalam mengaplikasikan ekosistem perkotaan berbasis konsep smart city. Hal ini ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman kedua belah pihak pada Senin (28/10/2019).

“Bersama Pemkab Sumedang, Telkomsel hadir berkolaborasi dalam memanfaatkan teknologi berbasis digital guna mendorong terwujudnya smart city di wilayah Sumedang melalui pengembangan ekosistem edukasi dan ekonomi berbasis teknologi melalui peningkatan mutu dan jenis layanan pemerintah dan sumber daya manusia setempat,” kata Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini.

Untuk mengakselerasikan perwujudan smart city di Sumedang, Telkomsel pun menyiapkan berbagai solusi dan layanan digital yang dapat diimplementasikan di pemerintah Sumedang, seperti solusi pengelolaan pajak, kesehatan, analisis media, keamanan, dan lain-lain.

“Sumedang siap menjadi laboratorium pengembangan digital bagi Telkomsel. Sejalan dengan hal itu, Sumedang juga sedang mewujudkan digital regent di mana kami ingin memanfaatkan telnologi informasi untuk dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan dalam rangka meningkatkan pembangunan,” ujar Bupati Kabupaten Sumedang H. Dony Ahmad Munir.

Terdapat beberapa usaha Telkomsel dalam mendukung Pemkab Sumedang menuju smart city. Pertama, menghadirkan platform layanan 99% Usahaku bagi pelaku UMKM. Aplikasi ini dapat membantu pelaku bisnis UMKM melalui konten pembelajaran, fitur forum komunikasi, ragam solusi layanan dari Telkomsel Enterprise, serta akses cakupan pasar yang lebih luas untuk meningkatkan kapasitas penjualan.

Kedua, melalui program Bakti Negeriku yang telah dilaksanakan di Desa Bojong Loa, Kabupaten Sumedang pada tanggal 25-26 Oktober. Bakti Negeriku adalah program pendampingan wilayah pedesaan Indonesia melalui penyediaan akses informasi peberdayaan masyarakat berbasis digital.

Ketiga, penyediaan fasilitas digital center yang berisi perangkat komputer serta akses broadband yang dapat dimanfaatkan oleh warga desa untuk mengakses informasi melalui jaringan internet.

Selain fokus pada perekonomian berbasis digital, kolaborasi ini bertujuan untuk menekan angka prevalensi stunting di  Sumedang. Telkomsel akan menyediakan tablet phone dengan aplikasi edukasi kesehatan yang di dalamnya terdapat informasi terkait penanganan dan pencegahan stunting.

Saat ini pun Telkomsel telah membangun 820 base transceiver station (BTS), termasuk 324 BTS 4G di Kabupaten Sumedang. Pembangunan jaringan Telekomunikasi yang baik menjadi salah satu unsur penting dalam mendukung smart city dan mengembangkan ekosistem digital masyarakat.

“Ke depannya, Telkomsel akan terus menghadirkan berbagai pemanfaatan tekonologi digital yang mendukung kemajuan masyarakat di  Kabupaten Sumedang, yang juga menjadi salah satu program unggulan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Dalam membangun tentu Telkomsel tidak bisa sendiri, kami perlu menggandeng berbagai stakeholder untuk berkolaborasi dengan baik,” tutup Emma.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top