Lifestyle

Temui Empat Destinasi Wisata Ramah Muslim di Australia

Photo Credits: Tourism Australia

Merencanakan liburan ke negara mayoritas non-Muslim kerap menumbuhkan segudang keraguan. Tak heran, jika beberapa tahun terakhir sejumlah negara seperti Thailand hingga Korea Selatan menyiapkan destinasi wisata yang ramah muslim (muslim friendly), termasuk Australia. Belakangan, negeri Kanguru ini aktif mempromosikan empat destinasi wisata ramah muslim mereka, di mana saja?

Perth

Ibukota negara bagian Australia Barat ini memiliki sederet destinasi wisata yang menjadi magnet bagi wisatawan mancanegara. Elizabeth Quay sebagai pusat beragam aktivitas dan acara menjadi tempat yang wajib Anda kunjungi. Anda bisa menikmati air mancul di sana, membunyikan bel di Bell Tower dan berjalan menyusuri Swan River.

Anda juga bisa belajar mengenai suku Aborigin dengan mengambil tur dan melihat bagaimana masyarakat Nyungar membangun permukiman dan peradaban di sekitar sungai. Pasar Fremantle yang berusia lebih dari 100 tahun juga menjadi destinasi menarik bagi Anda para pecinta barang vintage. Jika berkunjung ke Fremantle, Anda juga bisa mengunjungi Penjara Fremantle yang menjadi pusat hukuman dan penyiksaan para kriminal abad ke-19. Tak jauh dari sini, area Fishing Boat menawarkan pilihan sefoood yang beragam.

Selain seafood, Perth juga memberikan pilihan restoran halal lain bagi keluarga. Dua restoran yang bisa jadi pilihan Anda adalah Chee Tayeb yang menyajikan masakan khas Lebanon dan Tamarind Café yang menyajikan masakan Indonesia-Jawa.

Keluar dari Perth, anda dapat mennikmati keindahan alam Australia Barat. Cara terbaik untuk menikmatinya adalah dengan road trip dan mengambil jalur Indian Ocean Drive. Destinasi lain yang bisa jadi pilihan, antara lain Pinnacles di Taman Nasional Nambung, Monkey Mia, dan kota pantai Geraldton yang memberikan akses menuju Hutt Lagoon bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan Pink Lake dari ketinggian.

Victoria

Sebagai sebuah kota metropolitan, Melbourne juga menjadi kota tujuan para imigran dari seluruh dunia. Kota ini begitu dinamis dan hidup dengan beragam budaya. Islamic Museum Australia menjadi salah satu tempat yang menarik dikunjungi di mana Anda dan keluarga bisa belajar mengenai keragaman budaya serta mengetahui seni budaya Islam dan warga Muslim di Australia dan dunia. Area di sekitar museum dikelilingi banyak restoran halal yang bisa Anda coba.

Tidak akan sulit menemukan restoran halal di Melbourne. Anda bisa mencoba Restoran Gazi yang dimiliki oleh George Calombaris, salah satu chef terbaik di Australia untuk menikmati hidangan Yunani. Atau, Anda bisa mampir di Tiba’s yang menyuguhkan masakan khas Lebanon.

Selain itu, Anda bisa menikmati keindahan pusat kota Melbourne yang dihiasi gang-gang kecil dengan cobble stone dan menjadi pusat coffee shop, café, dan butik-butik unik. Anda dapat memulai perjalanan dari Flinders Street Station hingga ke Degraves Street, dan menelusuri street art di setiap sudut jalan.

Queensland

Brisbane adalah kota terbaik untuk mendapatkan pengalaman gaya hidup yang menarik. Kota penuh warna ini menyajikan ragam budaya yang indah, gaya hidup urban yang menarik serta pengalaman kuliner kelas dunia.

Jangan khawatir soal makanan karena Brisbane menawarkan banyak restoran halal seperti Black Hide Steakhouse yang menyajikan steak halal. Coba juga kuliner Timur Tengah di Mecca Bah atau makanan Turki di Mado Restaurants.

Anda bisa memulai perjalanan dari Brisbane City Hall yang memiliki gaya arsitektur 80-an. Di dalamnya, Anda bisa mengunjungi Museum of Brisbane dan mempelajari cerita mengenai budaya dan sejarah Brisbane. Sempatkan untuk naik ke Clock Tower untuk melihat pemandangan kota dari atas.

Bawa seluruh keluarga Anda untuk menikmati South Bank Parklands, sebuah taman hijau yang terletak di puast kota. Di taman ini, Anda bisa menemukan Streets Beach, sebuah pantai buatan di tengah kota. Jangan lupa mengambil foto dengan latar tulisan BRISBANE di samping Streets Beach.

Bagi Anda yang gemar berbelanja,  telusuri pusat belanja dan komersial Queen St. Mall atau menghabiskan satu hari berbelanja mulai dari Brisbane Arcade yang ikonik hingga Tattersall’s Arcade lalu menelusuri Adelaide Street untuk melihat butik-butik kecil nan cantik.

New South Wales

Mulailah perjalanan Anda dari Sydney dengan berjalan menyusuri pantai sepanjang 6 km. Anda bisa memulai dari Bondi Beach, jalan terus ke Tamarama Beach, Bronte, Clovelly, dan berakhir di Coogee Beach. Di sepanjang jalan, sempatkan waktu untuk berenang dan merasakan angin segar dari laut. Jika lapar, restoran seafood tersedia di sepanjang jalur yang Anda lewati untuk menyantap fish and chips.

Anda juga bisa mengajak keluarga ke Taronga Zoo yang memiliki lebih dari 4000 hewan asli Australia, termasuk kanguru dan koala. Kebun Binatang ini juga menawarkan beberapa kegiatan dan petualangan untuk anak-anak, seperti seluncur tali dan panjat tali. Anda bahkan dapat menginap di sini dan mendapatkan akses eksklusif untuk melihat bagaimana kegiatan kebun binatang selain yang dilihat oleh kebanyakan pengunjung.

Ada banyak pilihan restoran halal di Sydney. Bagi Anda yang ingin mendapatkan pengalaman makan di restoran kelas dunia, Anda bisa mencoba Efendy yang menyajikan masakan khas Turki, serta Zaafran yang menyajikan masakan khas India dengan kualitas internasional.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top