Technology

Tesla Siapkan Panel Surya Baru, Diklaim Bisa Tahan 30 Tahun

Foto: Electrek

Tesla nampaknya tidak puas diri dengan hanya membuat kendaraan elektrik supercanggih. Melihat kembali ke belakang, pada tahun 2017 Tesla sudah meluncurkan Solar Roof Tiles. Kini, perusahaan asal Amerika Serikat tersebut meluncurkan panel surya terbarunya dengan nama Solar Roof V3.

Sebenarnya, Solar Roof V3 bukanlah barang baru bagi Tesla. Perusahaan ini hanya menyempurnakan Solar Roof Tiles yang produksinya sempat terhambat beberapa tahun. CEO Tesla Elon Musk mengatakan bahwa pihaknya harus membuat beberapa perubahan agar panel surya ini dapat bertahan selama 30 tahun.

“Ini sebenarnya masalah teknologi yang cukup sulit untuk memiliki sel surya yang terintegrasi dengan genteng, membuatnya terlihat bagus, dan bertahan selama 30 tahun,” ujar Musk dikutip dari electrek.com.

Hadirnya teknologi baru identic dengan harga yang mahal. Musk mengatakan bahwa hal tersebut layak jika dapat menambah penghematan listrik seiring waktu. Ia juga berharap dengan volume produksi yang lebih tinggi maka Solar Roof V3 ini bisa menjadi lebih murah. 

Editor: Sigit Kurniawan








To Top