Opinion

Tiga Antisipasi Untuk Hadapi Kesenjangan Gaji di Kantor Anda

Studi Korn Ferry menunjukkan kesenjangan gaji antara karyawan level bawah dan level manajer senior semakin tinggi di setiap wilayah di dunia sejak tahun 2008. Indonesia merupakan negara tertinggi di Asia dengan tingkat kesenjangan gaji nomor tiga (12,7%). Kenaikan kesenjangan gaji yang dramatis terjadi di India dengan kesenjangan sebesar 66% disusul oleh Malaysia.

Korn Ferry merekomendasikan beberapa langkah agar perusahaan dapat mengelola kesenjangan gaji di antara karyawan. Pertama, memahami semua faktor dalam organisasi dan pasar. Kaitan industri dan pasar penting dalam memahami dan mengkomunikasikan kesenjangan gaji di perusahaan Anda.

Model industri & operasi, bersama dengan kekuatan & kondisi pasar lokal, dapat memengaruhi besarnya kesenjangan gaji antara karyawan level atas dan bawah.

Kedua, ubah menjadi peluang. Tunjukkan kepada karyawan anda jalur karier yang transparan, dan peluang untuk berkembang di dalamnya. Dengan kesenjangan gaji yang lebih besar antara karyawan level atas dan bawah, terdapat manfaat yang lebih besar dengan setiap promosi atau kenaikan pangkat yang dicapai.

Perusahaan dapat membantu karyawan mengembangkan diri untuk memanfaatkan peluang ini dengan menunjukkan jalur karier yang terdokumentasi kepada mereka. Perusahaan juga akan memperoleh loyalitas yang lebih besar dan mendorong karyawan berbakat untuk tetap bertahan.

Ketiga, terbuka dan transparanBeberapa karyawan percaya gaji mereka ditetapkan secara sewenang-wenang. Oleh karena itu, sangatlah penting agar perusahaan mengomunikasikan metode yang jelas dan konsisten untuk menetapkan gaji serta apa kebijakan gaji di perusahaan. Jelaskan apa arti tingkat pekerjaan, dan bagaimana gaji mereka ditentukan.

MARKETEERS X

Most Popular

ALIVE Indonesia







To Top