Lifestyle

Tiga Cara Transfer Pulsa XL yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Ilustrasi: 123RF

Meningkatnya kebutuhan data internet membuat orang kerap lupa untuk mengisi pulsa untuk kebutuhan telepon. Ya, meski kamu bisa menggunakan internet untuk melakukan panggilan, namun terkadang kebutuhan melakukan panggilan melalui jaringan telepon juga dibutuhkan. Fitur transfer pulsa pun bisa menjadi opsi di kala darurat.

Hampir setiap operator telekomunikasi menyediakan layanan ini, tidak terkecuali XL Axiata. Berikut tiga cara transfer pulsa XL yang mungkin belum kamu ketahui.

  1. SMS Interaktif/UMB

UMB (USSD Menu Browser) merupakan layanan aplikasi USSD yang dipakai untuk menu interaktif dengan pengguna. Kamu pasti pernah menerima SMS berisi tawaran berlangganan menarik yang bisa didapatkan dengan membalas SMS tersebut dengan “YA” atau “OK”. Nah, menu interaktif itu disebut dengan UMB.

UMB juga bisa dijadikan cara transfer pulsa XL ke pelanggan lain. Untuk melakukannya, kamu bisa mengetik teks BAGI (spasi) NOMOR TUJUAN (spasi) NOMINAL PULSA; misal: BAGI 08781234567 20000 melalui SMS. Pesan ini selanjutnya dikirim ke 168.

Balasan SMS yang masuk akan meminta kamu untuk melakukan konfirmasi, balas dengan “Y” untuk menyetujui pengiriman pulsa ke nomor yang diinginkan

Layanan UMB juga memungkinkan kamu untuk meminta pulsa yang akan dikirimkan oleh orang lain. Dalam kesempatan ini, pastikan orang yang kamu minta pulsanya mengenal nomor kamu. Jadi, saat menerima SMS notifikasi bahwa ada yang meminta pulsa, orang itu langsung bisa membalas SMS untuk menyetujui karena sudah tahu bahwa kamu yang meminta pulsa. 

Caranya pun mirip dengan langkah di atas. Bedanya, Kamu hanya mengetik BAGI (spasi) NOMINAL PULSA; misal: BAGI 20000. Kirimkan SMS ke nomor orang yang ingin kamu minta pulsanya. Pulsa akan diterima saat orang yang dimintai pulsanya sudah membalas SMS untuk menyetujui permintaan kamu

  1. USSD 123

Selain mengirim SMS, kamu juga bisa melakukan pengiriman pulsa melalui menu di layar telepon. Langkah ini bisa kamu lakukan seperti saat melakukan pengecekan pulsa. Nomor yang dihubungi juga sama, yaitu dari *123# dengan tambahan kode 168, menjadi *123*168# di layar telepon Anda. Sekanjutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor tujuan yang ingin dikirim pulsa dan nominalnya. 

Pada langkah terakhir, kamu akan diminta melakukan verifikasi dengan memasukkan empat digit angka. Untuk menyetujui, ketikkan angka tersebut dan pulsa akan dikirim.

  1. Aplikasi myXL

Nah, kalau kamu sudah pakai smartphone dan bisa terhubung dengan koneksi WiFi, transfer pulsa bisa dilakukan lewat aplikasi myXL. Sebelum melakukan pengiriman pulsa, pastikan kamu sudah download aplikasi myXL. Jika sudah download dan login dengan nomor kamu, kamu bisa masuk ke menu “More” dari halaman Beranda.

Lalu, pilih “Share Balance”, masukkan nomor penerima pada kolom “Add Recipient” dan klik tanda centang. Kemudian masukkan nominal pulsa yang ingin dikirim pada kolom “Amount to share” dan klik share untuk mengirimkan pulsa.

Selanjutnya, kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi dengan memasukkan enam digit angka yang dikirimkan melalui SMS. Untuk konfirmasi, masukkan enam digit angka tersebut, lalu klik submit.

Transfer pulsa XL juga sudah bisa dilakukan ke nomor AXIS karena perusahaan AXIS sudah diakuisisi oleh XL. Berbeda dari pengiriman pulsa pada provider lain, transfer pulsa pelanggan XL bisa menambah masa aktif. Jadi, saat masa aktif orang yang kamu kirimkan pulsa sudah habis, pulsa yang kamu kirim bisa tetap digunakan.

Hal lain yang perlu diingat, kamu akan dikenakan biaya administrasi yang dikenakan setiap kamu melakukan pengiriman pulsa. Biaya yang dikenakan berkisar dari Rp 1.000-Rp 6.000 (tergantung jumlah pulsa yang dikirimkan) dan akan langsung dipotong dari jumlah pulsa.

Editor: Sigit Kurniawan

Most Popular








To Top