Finance

Tiga Faktor Pendorong Orang Kaya Mau Berinvestasi

Kelompok High Net-Worth Inviduals (HNWI) atau orang kaya, merupakan orang-orang yang sadar akan pentingnya berinvestasi. Secara spesifik, jika dilihat dari preferensinya, kelompok orang kaya setidaknya memiliki tiga faktor pendorong dalam berinvestasi.

Dilansir dari Global Family Business Survey oleh KPMG, faktor yang pertama ialah apresiasi modal jangka panjang. Hal tersebut merupakan kenaikan nilai aset berdasarkan kenaikan harga pasar. Investasi yang ditargetkan untuk apresiasi modal cenderung memiliki resiko lebih besar. Sehingga, diperlukan penyedia jasa investasi yang memiliki kemampuan dalam pemahaman apresiasi modal.

Kedua, adalah pendapatan (current income) yang merupakan penghasilan periodik yang diterima investor dari kepemilikan suatu investasi. Hal ini berkaitan dengan pemeliharaan portfolio oleh investor. Khususnya HNWI yang menanamkan modal dengan jumlah besar tentu mengharapkan revenue maksimal.

Di peringkat ketiga, terdapat diversifikasi portfolio. Sesuai dengan pepatah “don’t put your eggs in one basket”, investor perlu bijaksana dalam mendiversifikasi portfolio agar tujuan investasinya tercapai. Memilih agen investasi yang dilengkapi dengan beragam portfolio dan jasa penasihat investasi sangat berperan untuk membantu investor dalam menentukan porsi portfolio.

Terkait hal ini, Co-Founder dab CEO Bareksa.com Karaniya Dharmasaputra menekankan perlunya pemahaman akan pengaruh internal dan eksternal terhadap kinerja pasar modal, dimana dampaknya bisa menyebabkan volatilitas nilai Reksa Dana. “Sensitivitas lebih tinggi terhadap pergerakan NAV sering kami jumpai di nasabah kalangan High Net-Worth mengingat jumlah yang mereka tempatkan dalam satu produk Reksa Dana cukup besar,” ungkapnya.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X

Most Popular

ALIVE Indonesia







To Top