Technology

Tiga Hal Penting untuk Dapatkan Loyalitas Pengguna Internet

Sumber: Marketeers

Indonesia makin melek dengan teknologi. Hal tersebut terlihat dari banyaknya pengguna gawai pintar di Tanah Air. Namun, mana yang lebih banyak digunakan? Situs web atau justru aplikasi?

Tentunya, baik situs web maupun aplikasi memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tetapi, keduanya memiliki kegunaan serupa yaitu membuat pengguna internet menjadi lebih terhubung dengan dunia luar. Jadi, mana yang lebih banyak digunakan?

Pengguna internet saat ini banyak menggunakan multiplatform. Mereka berpindah-pindah dari satu platform ke yang lain dalam satu perjalanan.

Aplikasi gawai juga kian beragam. Namun, situs web masih jadi pilihan. Sejumlah alasan jadi faktor pengguna internet lebih memilih menggunakan situs web dan melakukan uninstall aplikasi.

“Alasannya beragam. Tapi, yang sering ditemukan yaitu aplikasi makan banyak memori, tidak lagi membutuhkan atau aplikasi tidak lagi aktif, dan banyak iklan yang bermunculan ketika aplikasi digunakan,” ujar Country Head of Google Customer Solutions Indonesia Aditya Tedjoprasetya, di gelaran ASEAN Marketing Summit, Kamis (5/9/2019).

Lalu, apa yang dicari para pengguna internet? Pertama, gratifikasi instan. Pengguna ingin mengabadikan momen dengan cepat.

Kedua, platform yang tidak lekang dimakan waktu. Selalu berkembang dan berevolusi. Sehingga pengguna tidak cepat bosan dan terys mendapatkan pengalaman berbeda setiap penggunaannya.

Ketiga, sesuatu yang berbeda. Mencari layanan yang tidak dimiliki oleh platform atau aplikasi lain. Dengan demikian, pengguna akan menjadi lebih loyal.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X

Most Popular

ALIVE Indonesia







To Top