Lifestyle

Tiga Hal yang Perlu Kamu Ketahui Jika Pertama Kali Naik Kereta Api

Kamu baru pertama kali menggunakan moda transportasi kereta untuk berpergian ke luar kota? Atau sudah lama sekali tidak menggunakan kereta api? Jika ya, mungkin kamu harus memperbarui pengetahuan kamu. Pasalnya, sudah banyak perubahan yang terjadi di transportasi massal ini.

Jika, dulu menggunakan kereta tidak terlalu nyaman karena berdesak-desakan bahkan tidak bisa bergerak jika menjelang hari raya. Namun kini, PT Kereta Api Indonesia (Persero)/KAI mengubah pelayanannya menjadi sangat baik. Beberapa pengaturan telah diterapkan. Apa saja?

Pesan tiket secara online

Tiket kereta saat ini dipesan secara online baik melalui aplikasi KAI Access ataupun beberapa marketplace dan online travel agent. Bahkan, menjelang libur lebaran seperti saat ini, banyak para pedagang online berlomba menawarkan harga tiket kereta lebaran dengan beragam promosi.

Di stasiun sendiri kini sudah tidak melayani pemesanan tiket kecuali untuk tiket go show yang dapat dipesan h-3 jam sebelum jadwal keberangkatan. Setelah mendapatkan e-ticket calon penumpang cukup mencetak tiket asli di stasiun menjelang keberangkatan untuk ditunjukkan kepada petugas.

Dapat memilih tempat duduk sendiri

Jika memesan tiket di stasiun langsung, kamu tidak akan dapat menentukan tempat duduk sendiri. Berbeda halnya dengan memesan secara online, kamu dapat memilih duduk di gerbong berapa dan nomor berapa kursi yang ingin dipesan. Dengan begitu, kamu dapat mengatur ingin di dekat jendela atau tidak, menghadap depan atau belakang.

Pembatalan tiket dan uang kembali

Jika kamu ingin membatalkan perjalanan, kamu pun bisa mendapatkan uangmu kembali. Datanglah ke customer service di stasiun dan kereta tujuan kamu. Jangan lupa untuk membawa kartu identitas yang dipakai untuk memesan tiket apakah KTP, SIM atau kartu lainnya.

Uang akan kembali maksimal 30 hari setelah tanggal refund. Dengan catatan, proses refund dilakukan maksimal 30 menit sebelum keberangkatan. Jika lewat dari waktu itu, tiket akan hangus. Untuk refund, kamu akan dikenakan potongan sebesar 25% dari harga tiket.

Jika tidak ingin refund, kamu bisa melimpahkan tiket ini untuk orang lain. Maka yang perlu dilakukan ialah membawa materai 6.000 dan tanda tangan di atas materai.

Most Popular








To Top