Technology

Tiga Merek Ini Jadi Portofolio Terkuat Google Cloud di Indonesia

Dalam Jakarta Cloud Summit, Google Cloud mengumumkan serangkaian capaiannya di Indonesia. Salah satunya, fokus mereka menjalin kemitraan lokal.

Bukalapak salah satu pemain besar e-commerce di Indonesia telah memigrasikan service data dari lingkungan yang mereka gunakan sebelumnya ke Google Cloud. Bukalapak memiliki lebih dari 70 juta pengguna dan lebih dari dua juta transaksi setiap hari.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) juga telah meningkatkan kemampuannya untuk mengungguli persaingan di bidang teknologi keuangan dengan sebuah strategi digital inovatif yang berpusat pada platform manajemen Apigee API Google Cloud. Bahkan, bank ini berhasil mengurangi waktu yang diperlukan untuk onboarding partner baru dari enam bulan saat menggunakan teknologi host-to-host dan VPN menjadi kurang dari satu jam menggunakan portal developer Apigee.

“Indonesia adalah kekuatan digital dan negara yang penting untuk Google Cloud di Asia Tenggara. Sambil bersiap untuk peluncuran Region Cloud Jakarta yang sangat ditunggu-tunggu pada paruh pertama tahun 2020, kami terus berada di depan dengan beragam penawaran dan kemitraan lokal untuk mendorong penggunaan cloud dan mempercepat Indonesia 4.0,” kata Tim Synan, regional director Asia Tenggara, Google Cloud.

Alfamart juga telah mengimplementasikan G Suite untuk memperbaiki cara 117.555 karyawan mereka berkolaborasi dari 13.679 toko di 24 provinsi di Indonesia. Alfamart pun telah mencapai penghematan biaya sebesar 10-15% dan pengurangan waktu rata-rata dua minggu per project dengan menghindari diskoneksi digital menggunakan G Suite dan mengotomatiskan alur kerja melalui akses ke informasi real-time.

Selain itu, Accenture dan Google Cloud juga mengumumkan pengembangan kemitraan global mereka secara strategis untuk membangun solusi cerdas dan keahlian lokal guna membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia memodernkan dan mempercepat pemanfaatan cloud.

Dengan fokus awal pada industri ritel, barang konsumsi kemasan, dan kesehatan, kedua perusahaan akan mengembangkan penawaran yang spesifik dalam tiga area utama. Ketiga hal itu adalah memungkinkan interaksi pelanggan multi-channel, memperbaiki manajemen data, dan menciptakan layanan untuk hiperpersonalisasi dalam pemasaran, penjualan, dan layanan.

Kolaborasi ini juga akan memanfaatkan kapabilitas data dan AI Google Cloud, seperti solusi Contact Center AI dari Accenture, untuk memungkinkan interaksi pelanggan end-to-end di saluran suara dan digital.

Editor: Sigit Kurniawan

 

MARKETEERS X

Most Popular

ALIVE Indonesia







To Top