Lifestyle

Tiga Museum Bersejarah yang Sayang Dilewatkan Jika Bersandar ke Surabaya

Foto: Wikipedia

Berwisata ke museum tidak melulu soal study tour anak sekolahan. Kamu sebagai warna negara yang baik dan mencintai sejarah negeri ini, sayang banget kalau tidak pernah ke museum. Apalagi, museum-museum di Surabaya, Jawa Timur yang memiliki sejarah begitu panjang. Berikut tiga museum bersejarah di Surabaya yang dikutip dari blog Airy.

Museum Surabaya Siola
Beberapa tahun lalu, Gedung Siola dikenal sebagai salah satu pusat perbelanjaan terkenal di Surabaya. Namun, saat ini fungsinya sudah beralih menjadi sebuah museum. Di dalamnya, kamu bisa menjumpai koleksi benda-benda berharga yang menjadi bukti perkembangan Kota Surabaya dari zaman dulu sampai sekarang.

Konon, ada lebih dari 1.000 koleksi benda bersejarah yang tersimpan di Museum Surabaya Siola. Lokasinya juga begitu strategis di Jl. Tunjungan dan begitu mudah dijangkau wisatawan.

House of Sampoerna
Sesuai dengan namanya, bangunan ini merupakan properti milik dari produsen rokok Sampoerna. Keberadaan bangunan pun ditujukan sebagai museum yang menyimpan sejarah rokok di Indonesia.

Menariknya, di sini kamu dapat melihat beragam jenis alat yang biasa digunakan dalam pembuatan rokok. Di waktu yang sama, House of Sampoerna juga menyediakan tur gratis berkeliling tempat bersejarah di Surabaya lewat Surabaya Heritage Track (SHT).

Monumen Kapal Selam
Berbeda dengan kunjungan ke House of Sampoerna dan Museum Surabaya Siola, wisatawan yang datang ke Monumen Kapal Selam (Monkasel) harus membayar tiket masuk yang nilainya Rp 15.000 per orang. Di Monkasel, wisatawan dapat melihat secara langsung Kapal Selam KRI Pasopati 410 dan menjelajahi bagian dalamnya.

Kapal selam ini memiliki peran penting dalam sejarah Indonesia. Apalagi, KRI Pasopati 410 menjadi armada yang berpartisipasi dalam operasi pembebasan Irian Barat dari Belanda.

Most Popular








To Top