Technology

Tiga Segmen Ini Jadi Kunci Alibaba Group Raup Pendapatan Rp 316 Triliun

Alibaba Group mencatatkan laporan keuangan untuk kuartal IV 2019 lalu dengan meraih pendapatan sebesar RMB 161,46 miliar atau setara dengan Rp 316 triliun . Angka ini meningkat sebesar 38% YoY.

Menurut Daniel Zhang, Chairman dan Chief Executive Officer of Alibaba Group, Alibaba Group mencatatkan pertumbuhan yang pesat sepanjang kuartal lalu.

“Ekonomi digital kami mencapai tingkatan yang baru, dengan kembali mencatatkan rekor baru pada 11.11 Global Shopping Festival untuk para seller dan mitra kami,” ujarnya.

Saat ini jumlah konsumen aktif tahunan marketplace Alibaba di China mencapai 711 juta. Capaian ini meningkat sebesar 18 juta dari periode 12 bulan yang berakhir 30 September 2019. Sementara itu jumlah konsumen aktif bulanan di platform mobile di China mencapai 824 juta di bulan Desember 2019.

Bagi Daniel investasi yang terus dilakukan untuk user engagement, khususnya melalui konten social commerce, berkontribusi pada peningkatan signifikan pada jumlah konsumen aktif tahunan.

Salah satu yang perlu dicatat adalah portofolio bisnis cloud Alibaba semakin meningkat. Pendapatan bisnis cloud tumbuh 62% YoY menjadi RMB 10,7 miliar setara dengan Rp 21 triliun . Peningkatan ini didorong oleh kontribusi baik dari bisnis cloud publik dan hybrid.

“Untuk pertama kalinya layanan-layanan komputasi awan kami menghasilan pendapatan lebih dari RMB 10 miliar (Rp 19 triliun)  dalam satu kuartal,” tambah Daniel.

Di level global, Alibaba Group melalui brand Lazada mengalami pertumbuhan yang pesat di bisnis marketplace. Hal ini didorong oleh kuatnya pertumbuhan volume pesanan dan kenaikan dua kali lipat jumlah seller aktif per kuartal YoY. Lazada mencatatkan kenaikan jumlah pesanan per kuartal 97% YoY yang merefleksikan kuatnya permintaan konsumen di kategori apparel dan accessories serta general merchandise.

Sementara itu, AliExpress terus mencatatkan pertumbuhan jumlah pengguna dan GMV dengan memanfaatkan teknologi perdagangan digital Alibaba dan infrastruktur logistik global milik Alibaba. Pada 11.11 Global Shopping Festival berhasil mendorong pertumbuhan GMV AliExpress sebesar 46% YoY.

 

MARKETEERS X








To Top