Lifestyle & Entertainment

Tiga Strategi Bakmi GM Bidik Pasar Milenial

AGLXY x Bakmi GM Collection

PT Griya Miesejati (Bakmi GM) sebagai pemilik jaringan restoran Bakmi GM terus menjaga eksistensinya. Kali ini, perusahaan lokal yang telah berusia 60 tahun ini melakukan peremajaan pasar dengan membidik generasi milenial. Berbagai strategi telah mereka lakukan untuk menyentuh gaya hidup generasi milenial.

Menurut Profil Generasi Milenial Indonesia yang diluncurkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada tahun 2018, generasi milenial, khususnya mereka yang tinggal di kalangan perkotaan, setidaknya memiliki tiga ciri utama.

Ciri pertama dari generasi milenial adalah memiliki rasa percaya diri, berani mengemukakan pendapat, dan tidak sungkan-sungkan berdebat di depan publik.

Kedua, generasi milenial terdiri atas pribadi-pribadi yang pandai bersosialisasi, terutama dalam komunitas yang mereka ikuti. Selain itu, mereka juga aktif berselancar di media sosial dan internet.

Ketiga, generasi milenial merupakan orang-orang kreatif, yang biasa berpikir out of the box, kaya akan ide dan gagasan, serta mampu mengkomunikasikan ide dan gagasan yang mereka miliki dengan cemerlang.

Tammy Tanumihardja selaku Director of Business Development PT Griya Miesejati (Bakmi GM), mengatakan jika Bakmi GM melihat generasi milenial sebagai generasi yang tidak takut untuk terus mencoba hal-hal baru, berani bereksperimen serta terbuka dengan cita rasa dari luar.

Selaras dengan semangat yang dimiliki generasi milenial, Bakmi GM tengah mencoba melakukan beragam hal-hal baru yang inovatif. Tujuannya agar produk-produk Bakmi GM dapat tetap relevan dengan generasi milenial, apalagi pasar generasi milenial memiliki potensi yang sangat besar.

“Salah satu inovasi yang sudah kami lakukan adalah menu K-Pop Chicken, untuk menarik konsumen dari kalangan muda, terutama mereka yang menggandrungi K-Pop,” ujar Tammy dalam siaran persnya.

Selain itu, mereka juga melihat adanya peningkatan mobilitas masyarakat paska hadirnya MRT. Bakmi GM melakukan upaya jemput bola melalui Gerai BGM Grab & Go by Bakmi GM di stasiun MRT Setiabudi Astra. Selain menu baru dan gerai baru, Bakmi GM juga telah meluncurkan koleksi merchandise ekslusif yang diberi nama AGLXY x Bakmi GM Collection, beberapa waktu lalu di Gerai Bakmi GM Kota, Jakarta.

Koleksi eksklusif ini terdiri atas lima desain t-shirt unik, Bakmi GM Noodle Bowl, Bakmi GM Chopsticks dan Tote Bag. Berkolaborasi dengan clothing brand lokal, AGLXY (Ageless Galaxy), peluncuran koleksi eksklusif ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan ulang tahun Bakmi GM yang ke-60 tahun.

“Walaupun sudah menginjak usia 60 tahun, tapi jiwa Bakmi GM tetap muda. Karena itu, Bakmi GM memutuskan untuk berkolaborasi dengan AGLXY, agar inovasi yang dihasilkan dapat eksis di tengah generasi milenial.” tutup Tammy.

Produk Ageless Galaxy x Bakmi GM Collection tersedia sejak tanggal 25 Oktober 2019 di Our Daily Dose, The Goods Dept, situs The Ageless Galaxy, dan di gerai-gerai Bakmi GM tertentu. Selain meluncurkan koleksi merchandise eksklusif, kedua brand tersebut juga akan membuka pameran seni visual yang mengisahkan perjalanan Bakmi GM dari awal berdiri hingga saat ini.

Para pengunjung dapat melihat foto-foto eksklusif dari arsip keluarga Bakmi GM, sejak 26 Oktober 2019 hingga 25 November 2019 di lantai 2 Gerai Bakmi GM Kota, Jakarta. Di samping itu, Bakmi GM bersama AGLXY juga akan membuka Pop-up Shop dan menggelar fun activity di Gerai BGM Grab & Go by Bakmi GM, yang berlokasi di Stasiun MRT Setiabudi Astra, pada 30 Oktober 2019.

Editor: Sigit Kurniawan








To Top