Technology

Tiga Tips Agar Anak Belajar Di Rumah Lebih Menyenangkan

SUMBER: SAMSUNG

Adanya pandemi Covid-19 memaksa setiap anak belajar dari rumah. Mungkin bagi sebagian anak, belajar di rumah terlalu lama bisa sangat membosankan. Karena itu, orang tua harus pintar mencari cara agar belajar di rumah dapat selalu menyenangkan.

Melalui Samsung Galaxy Tab, Samsung memberikan berbagai fitur yang dapat mendukung anak belajar di rumah. Fitur Kids Home menghadirkan konten belajar sambil bermain untuk anak umur 3-6 tahun, aplikasi Pen Up untuk menggambar, hingga fitur AI Gaming Booster.

Selain itu, Sambung Galaxy Tab juga memberikan tiga tips agar belajar di rumah lebih menyenangkan bagi sang anak.

Buat jadwal sehari-hari

Meski tidak pergi ke sekolah, setiap sekolah juga tetap membuat jadwal pelajaran untuk anak-anak secara online. Karena itu, tidak ada salahnya jika orang tua tetap memberikan jadwal supaya anak tetap disiplin menjalankan pelajaran online. Tapi jangan lupa, ketika membuat jadwal, anak juga perlu dilibatkan. Dengarkan masukan serta keinginan mereka untuk mengisi harinya dengan hiburan dan belajar.

Gunakan aplikasi belajar

Belajar dengan aplikasi belajar online akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menyiapkan aplikasi belajar online gratis yaitu Rumah Belajar di laman belajar.kemendikbud.go.id. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh semua pelajar di Indonesia, mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Luangkan waktu untuk hiburan

Berikan waktu untuk beristirahat sejenak disela-sela belajar online. Jangan lupa untuk membuat kesepakatan bersama lama waktu istirahat dan kegiatan apa yang anak ingin lakukan selama istirahat.

Mengingat anak tidak bisa keluar rumah, orang tua bisa menawarkan bermain online atau menonton film sejenak. Namun, orang tua pun masih perlu memantau anak-anak selama waktu beristirahat ini. Jangan sampai anak malah malas belajar karena keasyikan bermain.

Itulah tiga tips yang dapat diterapkan orang tua selama anak belajar dari rumah. Bagi orang tua yang juga bekerja dari rumah, jangan lupa luangkan waktu sejenak untuk bermain bersama anak. Nikmati waktu bersama-sama di rumah untuk kegiatan bersama keluarga.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

Most Popular








To Top