Lifestyle & Entertainment

TikTok Rilis Daftar Konten Video Populer 2019

Sumber: TikTok

Aplikasi TikTok kembali menjadi tren pada 2019, setelah tahun sebelumnya sempat dilarang melakukan distribusi di Indonesia. Atas kesuksesan ini, aplikasi distributor konten video ini merilis TikTok Best of 2019 pada Kamis (19/12/2019).

“Tahun ini, TikTok mencatat masyarakat Indoensia menonton rata-rata 10o vide TikTok setiap harinya. Berdasarkan penelitian internal tim kami, masyarakat menjadikan TikTok sebagai alternatif hiburan digital dalam bentuk video pendek didorong dengan tingkat atensi generasi Z yang semakin rendah, kurang dari 8 detik,” jelas Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations TikTok Indonesia.

Dilanjutkan oleh Angga, tahun ini TikTok mencatat tidak hanya video hiburan dengan genre komedi hingga musik yang memiliki jumlah penonton tinggi. Tapi, video pariwisata dan pendidikan bahkan memiliki popularitas yang tinggi di platform ini.

Melihat kesuksesan TikTok sepanjang 2019, platform ini merilis video populer yang dibagi dalam berbagai genre.

1. Musik Populer TikTok 2019

Sejumlah lagu lokal berhasil viral. Yaitu Salah Apa Aku dan Siapa Benar Siapa Salah. Tidak hanya itu, musik dengan genre K-Pop juga merajai TikTok Indonesia pada tahun ini. Yang tertinggi adalah lagu Chicken Noodle Soup dari BTS J-Hope dan sempat menggegerkan platform ini dengan #CNSChallenge.

2. Selebriti Populer TikTok 2019

TikTok terbukti memiliki engagement yang tinggi. Hal ini kemudian mendorong beberapa publik figur untuk membuat akun TikToknya sendiri dan secara reguler menghadirkan konten video pendek lewat platform ini. Artis Indonesia yang tercatat memiliki konten populer di TikTok selama 2019 adalah Gisella Anastiasia, Irma Dharmawangsa, dan Anji Manji.

3. Kreator Populer TikTok 2019

Tidak hanya selebriti, sejumlah konten kreator digital juga memanfaatkan platform ini untuk meningkatkan engagement kepada audiensnya. Sebut saja Sandy SS, Barry Kusuma, dan Kellu Courtney yang berhasil menjadi konten kreator paling populer di TikTok. Uniknya, konten mereka memiliki fokus storytelling yang berbeda-beda. mulai dari memasak, pariwisatam hingga konten komedi.

4. Challenge Populer TikTok 2019

Tiktok memiliki kepopuleran tinggi salah satunya didorong oleh tantangan-tantangan unik yang selalu disajikan. Dijelaskan oleh Angga, hal ini dilakukan untuk meningkatkan kreativitas para konten kreator sekaligus meningkatkan engagement dengan audiens. Pada tahun ini,  TikTok Indonesia mencatat sejumlah challenge populer yang paling banyak dilakuka oleh penggunanya. Yaitu #ColorfulMedan dan #BelajarBareng.

Tantangan #BelajarBareng yang mengajak pengguna untuk membagikan konten edukasi bahkan berhasil ditonton lebih dari sejuta kali.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

 

MARKETEERS X








To Top