Finance

Tokio Marine Akuisisi Pure Group Seharga US$ 3,1 Miliar

asia.nikkei.com

Perusahaan keuangan asal Jepang Tokio Marine baru saja mengakuisisi perusahaan asuransi Pure Group. Dilansir dari reuters.com, Tokio Marine membeli Pure Group dengan harga US$ 3,1 miliar. Langkah ini menjadi akuisisi keempat yang cukup besar di Amerika Serikat dalam lebih dari satu dekade.

Lebih lanjut reuters mengatakan bahwa Tokio Marine terpaksa mencari pertumbuhan di luar negeri di tengah populasi masyarakat Jepang yang menua dan menyusut di dalam negeri. “Pasar Amerika Serikat sangat besar dan diperkirakan akan tumbuh lebih baik, AS juga pasar yang transparan,” ungkap Tokio Marine Chief Executive Satoru Komiya.

Komiya mengungkapkan harga yang dibayarkan tersebut tidaklah murah dengan perkiraan laba Pure Group untuk tahun 2020. “Kami membayar pertumbuhan Pure yang besar,” jelas Komiya.

Kesepakatan antara Tokio Marine dan Pure Group dikabarkan akan dibiayai melalu kas perusahaan dan pendanaan eksternal dan akan ditutup pada kuartal pertama tahun 2020. Di samping itu, Tokio Marine masih akan mempertahankan manajemen Pure Group yang ada saat ini.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X