Technology

Tokopedia Bersama GoApotik Permudah Pembelian Obat

SUMBER: TOKOPEDIA

Tokopedia kembali membuat terobosan baru dengan mengumumkan kemitraan strategis dengan GoApotik untuk mempermudah masyarakat mendapatkan obat-obatan serta perlengkapan kesehatan, seperti obat bebas dan obat resep, melalui platform Tokopedia.

“Menurut data internal, jumlahtransaksi pada kategori Kesehatan mengalami kenaikan lebih dari 200% dari bulan Juli hingga September 2019,” jelas AVP of Business Tokopedia Jessica Stephanie dalam rilisnya.

Masyarakat juga dapat menebus resep dokter secara online melalui pengunggahan resep pada fitur Chat bersama apoteker setelah melakukan pembayaran. Resep yang diterima akan diperiksa keaslian dan keabsahannya oleh apotek mitra dari GoApotik. Setelah itu, apotek mitra akan membantu menyiapkan obat sesuai resep dan melakukan pengantaran obat bersama mitra logistik Tokopedia ke pembeli.

GoApotik adalah platform agregator Apotek Online dari PT Global Urban Esensial, salah satu digital healthcare startup. GoApotik tentu menyambut positif kemitraan ini karena dapat meningkatkan eksistensi apotek dan peran apoteker di Indonesia di era digital.

GoApotik sendiri memiliki peran sebagai PSEF (Penyedia Sarana Elektronik Farmasi) yang digagas oleh Kementrian Kesehatan. Sebagai PSEF, maka startup ini menjadi penyedia layanan apotek digital yang legal, berlinsensi dan terverifikasi, dan mendorong apoteker untuk dapat melayani tanya jawab pasien secara digital.

Kerja sama antar Tokopedia dan GoApotik diharapkan dapat membantu masyarakat terhadap akses obat-obatan yang aman. Selain itu, juga dapat membantu pelaku usaha apotek kecil di seluruh Indonesia meningkatkan daya saing dan pengembangan bisnis dengan menjangkau pelanggan dan pasien lebih luas lagi.

 

Editor: Eko Adiwaluyo








To Top