Consumer Goods

Tokopedia Kencangkan Penetrasi Produk Asuransi dan Zakat

Menjelang Hari Lebaran, Tunjangan Hari Raya atau THR sangat dinantikan. Masyarakat biasanya menggunakan THR untuk persiapan mudik atau pembayaran zakat fitrah sebagai kewajiban selama bulan Ramadan.

Tokopedia memahami kedua kebutuhan tersebut dengan menghadirkan fitur Tokopedia Asuransi Mudik dan Tokopedia Zakat Fitrah. MenurutĀ  VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak, hal pertama yang dapat dipertimbangkan ketika menerima THR yaitu persiapan perjalanan mudik yang sudah menjadi tradisi di Indonesia. “Saat mudik ke kota asal, masyarakat seringkali diimbau untuk mengamankan aset dan rencana mereka termasuk kesehatan, keselamatan tengah bermudik, serta segala peristiwa tak terduga,” ujar Nuraini.

Saat ini, Tokopedia Asuransi Mudik memiliki berbagai jenis asuransi termasuk Asuransi Individu dan Asuransi Keluarga Pinjaman Tanpa Jaminan, Asuransi Individu dan Asuransi Keluarga Pinjaman dengan Jaminan, Pribadi, Pinjaman Agunan BPKB, Pinjaman Karyawan, Dana Instan, dan lainnya. Pinjaman yang dapat diajukan mulai dari Rp 600.000 hingga Rp 3 miliar.

Hal kedua yang dapat dipertimbangkan oleh masyarakat ketika menerima THR yaitu menyiapkan dana khusus untuk membayar zakat fitrah yang menjadi kewajiban umat Islam menjelang Hari Lebaran. Menurut data internal Tokopedia, ada peningkatan transaksi zakat di Tokopedia sebesar lebih dari 500% sejak diluncurkan pada tahun 2017 dibandingkan dengan tahun 2018. Selain itu, total transaksi zakat hingga pertengahan kuartal kedua pada tahun 2019 telah mencapai lebih dari 50% dari total transaksi zakat pada tahun 2018.

Fitur Tokopedia Zakat Fitrah merupakan inisiatif Tokopedia dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Dompet Dhuafa. Setiap pembayaran Zakat Fitrah disalurkan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dan disampaikan pada waktu yang sudah ditentukan berdasarkan agama Islam.

Editor: Sigit Kurniawan

 

MARKETEERS X

Most Popular

ALIVE Indonesia







To Top