Top 10 Netflix, Stranger Things 4 Tembus 1,15 Miliar Jam Penayangan

profile photo reporter Adiva Maharani
AdivaMaharani
07 Juli 2022
marketeers article
Stranger Things Season 4 (Foto: twitter/Stranger_Things)
Kehadiran serial Stranger Things Season 4 rupanya mampu mendongkrak kembali popularitas Netflix. Serial tersebut mencatatkan 1,15 miliar jam waktu menonton selama 28 hari pertama perilisannya. 
Dilansir dari The Hollywood Reporter, tujuh episode pertama memiliki waktu menonton 930,32 juta jam dalam 28 hari dari debut pertunjukan. Sementara itu, episode 8 dan 9 mencapai 221 juta jam tayang pada pekan 27 Juni hingga 3 Juli.
Serial fiksi ilmiah yang dibintangi aktris ternama Winona Ryder dan Millie Bobby Brown ini menjadi serial berbahasa Inggris terpopuler di Netflix. Hal ini mampu menjadikan Stranger Things sebagai acara Netflix yang menembus 1 miliar jam tayang selain serial survival Korea Selatan Squid Game.
Pasalnya, Stranger Things menjadi serial yang kedua setelah Squid Game, yang melampaui 1,65 miliar jam dilihat dalam 28 hari pertama rilis. Saat ini, serial yang menceritakan misteri di Hawkins, Indiana tersebut menyandang gelar untuk acara yang paling banyak dilihat dalam sejarah Netflix dan masuk ke dalam Top 10 di 93 negara.
Meskipun hanya memiliki dua episode yang berdurasi hampir empat jam jika digabungkan, hal tersebut telah menambah hampir tiga perempat atau 73% kenaikan dari musim keempat Stranger Things Season 4 Volume 1. Tiga musim pertama sebelumnya juga telah berada di Top 10 English-language Netflix, seperti yang serial tersebut lakukan selama satu setengah bulan terakhir.
Musim keempat telah memecahkan beberapa rekor penayangan, termasuk debut akhir pekan terbesar untuk serial Netflix. Hal tersebut menjadi penayangan mingguan tertinggi Netflix di Amerika Serikat (AS) sejak perusahaan memulai peringkat streaming mingguannya.
Tidak hanya berdampak pada popularitas perusahaan, Stranger Things juga mempersembahkan playlist menarik yang dilengkapi dengan lagu-lagu hits tahun 80-an. Salah satu lagu yang kembali naik daun adalah Running Up That Hill (A Deal with God) yang dinyanyikan oleh Kate Bush. Kembalinya lagu tersebut dalam popularitas telah menghasilkan royalti streaming sebesar US$ 2,3 juta atau Rp 34 miliar.
“Running Up That Hill berada di chart di seluruh dunia dan telah memasuki chart UK di No. 8. Semuanya sangat menarik! Terima kasih banyak untuk semua orang yang telah mendukung lagu ini,” ujar Bush dikutip dari Cosmopolitan.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related