Automotive

Toyota Uji Prius Dengan Atap Panel Surya

Toyota Prius dengan atap panel surya

Toyota terus berinovasi terhadap produk mobilnya. Mereka tengan membangun misi untuk mewujudkan kendaraan ramah lingkungan. Baru-baru ini, pabrikan asal Negeri Matahari Terbit ini kembali melakukan percobaan di jalan umum menggunakan Toyota Prius yang beratapkan panel surya.

Pada inovasi terbaru kali ini, Toyota tidak sendirian. Mereka bekerja sama dengan Sharp sebagai penyuplai panel surya. Dilansir dari theverge.com, panel surya pada atap Prius ini mampu menyumbangkan tenaga sebesar 860 watt dan menambah jarak tempuh mobil hingga 44,5 kilometer. Jumlah ini tentu tidak sebanding dengan ketebalan panel surya yang hanya 0.03 milimeter.

Sembilan tahun lalu atau pada tahun 2010, Toyota dikabarkan sempat membuat panel surya untuk kendaraan mereka. Namun panel surya yang ditawarkan Toyota saat itu jelas jauh berbeda dengan apa yang mereka kenalkan sekarang. Panel surya buatan Sharp ini diklaim lebih efisien serta memberikan tenaga lima kali lebih besar dan jarak tempuh tujuh kali lipat lebih jauh.

Sayangnya, Toyota belum mengkonfirmasi apakah atap panel surya ini akan segera disematkan di salah satu kendaraan hybrid mereka atau tidak. Toyota juga tidak sendiri dalam membangun mobil dengan atap panel surya. Dilansir dari theverge.com, sebuah startup bernama Lightyear dikabarkan akan segera mengirimkan mobil panel surya kepada pelanggannya mulai tahun 2021, begitu juga dengan Hyundai yang sudah membuat rencana terkait mobil dengan panel surya sejak tahun lalu.

MARKETEERS X

Most Popular








To Top