jet-express-leaderboard-mobile
Career

Tujuh Trik Jitu Yang Bikin Kamu Lebih Betah di Kantor

Betah di kantor

Tak bisa dipungkiri, tempat kedua selain rumah adalah kantor di mana Kamu bekerja. Tak ayal, di tempat ini Kamu bisa menghabiskan waktu delapan jam atau bahkan lebih dalam sehari. Tak seperti tempat lain, tempat kerja mengharuskan Kamu untuk bisa berpikir nyaman untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan bos Kamu dengan baik dan tepat waktu.

Lantaran lamanya waktu yang Kamu habiskan di tempat kerja, ada baiknya Kamu mendesain tempat kerja yang nyaman supaya Kamu bisa betah berlama-lama di kantor plus bisa menyelesaikan segala pekerjaan kantor dengan lancar.

Marketeers merangkum, ada tujuh cara supaya Kamu lebih betah di kantor, apa saja? Check this out.

1. Catat pekerjaan apa yang akan Kamu lakukan esok hari

Betah di kantor

Setiap sore, usahakan catat pekerjaan apa saja yang akan Kamu lakukan. Hal tersebut membuat Kamu merasa lebih terarah dan teratur dalam mengerjakan pekerjaan harian hingga tidak bingung akan berbuat apa yang akhirnya hanya akan membuang-buang waktu Kamu. Bila tugas utama sudah selesai, cobalah eksplorasi pekerjaan lain yang bisa memacu kreativitas Kamu. Tak ada salahnya lho mencoba membantu pekerjaan orang lain. Selain dinilai baik oleh rekan kerja, Kamu juga bisa belajar hal baru kan?

2. Siapkan lagu kesayangan

Betah di kantor

Wajar bila Kamu terkadang merasa bosan saat jam kantor, apalagi mengerjakan pekerjaan monoton yang menumpuk. Sudah pasti stres seringkali menghampiri. Salah satu jalan untuk mengatasinya adalah dengan mendengarkan musik sambil bekerja. Cobalah musik-musik yang bersemangat dari musisi seperti Queen, Nirvana, atau mungkin 24K dari dari Bruno Mars.

3. Aturlah meja dan kursi sesuai kenyamanan

Betah di kantor

Ungkapan posisi menentukan prestasi terkadang ada benarnya. Pasalnya, bila Kamu duduk di tempat yang tidak membuat nyaman, kreativitas Kamu pun tidak bisa dikeluarkan secara maksimal. Sesuaikan kursi dan meja dengan postur tubuh Kamu. Jangan ragu untuk membawa beberapa benda tambahan seperti bantal punggung atau alas duduk demi kenyamanan Kamu. Karena kenyamanan akan mempengaruhi kinerja kamu dalam menyelesaikan pekerjaan.

4. Sediakan Air Putih Selalu

Betah di kantor

80% tubuh manusia adalah air, sehingga minum air putih sangat diperlukan saat Kamu berkegiatan. Hindari dehidrasi dengan memperbanyak minum, kurangnya cairan dalam tubuh bisa menyebabkan turunnya daya konsentrasi, kemampuan berpikir, dan juga kewaspadaan Kamu nih.

5. Lakukan peregangan secara berkala

Betah di kantor

Saat Kamu berkonsentrasi atau sedang serius menggarap tugas, pasti beberapa bagian tubuh menjadi kaku karena lamanya waktu posisi tubuhmu stuck di posisi yang sama. Alhasil, karena kurang gerak, tubuh pun seringkali kaku. Ada baiknya Kamu melakukan peregangan otot. Tak perlu olahraga berat, cukup berdiri dan lakukanlah gerakan-gerakan peregangan ringan.

6. Bosan? Keluar ruangan aja

Betah di kantor

Memandang hal monoton dalam waktu yang lama memang membosankan. Selain itu menatap layar monitor terlalu lama juga kurang baik untuk kesehatan mata. Keluarlah dari ruangan Kamu, lihat pemandangan baru, selain bisa mengendurkan retina mata, siapa tahu malah dapat inspirasi baru. Cobalah komposisi 45 menit kerja, dan 5 menit keluar ruangan untuk melihat pemandangan. Atau bila memang tidak ada pemandangan, mengobrol dengan teman kantor juga bisa dilakukan.

7. Jangan makan siang berlebihan

Betah di kantor

Perut kenyang sangat identik dengan rasa kantuk dan ini sangat umum terjadi setelah makan siang. Bukannya fokus bekerja, rasa kantuk justru bisa membuat Kamu malas kerja. Bahayanya lagi, bila Kamu tidak sengaja tertidur di meja dan kelihatan bos Kamu. Wah, bisa-bisa Kamu kena teguran. Saat jam makan siang tiba, usahakan jangan makan terlalu kenyang. Bagilah perut Kamu dengan tiga bagian, 60% untuk makanan, 20% untuk minum dan 20% untuk udara. Namun, bila rasa kantuk akibat kekenyangan tetap tak terhindarkan, minum kopi bisa jadi salah satu jurus yang ampuh.

Kesimpulannya, kantor adalah rumah kedua Kamu. Prestasi kerja yang ingin diraih sangat bergantung dari seberapa betah Kamu di kantor. Ingat, ngantor bukanlah hal yang salah untuk dilakukan walaupun menjadi wirausaha terlihat lebih menarik dan menantang. Namun, selama Kamu belum siap, bekerja di perusahaan orang lain bukanlah pilihan yang buruk asalkan Kamu terus mengasah ketrampilan dan kemampuan Kamu. Semangat!

MARKETEERS X








To Top