Lifestyle

Tujuh Tips Jadi Backpacker untuk Pemula ala Airy

Liburan ala backpacker saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup bagi beberapa orang. Berwisata dengan cara ini, selain murah juga semakin mudah karena adanya fasilitas dari berbagai startup, seperti website Airy -misalnya. Di websitenya, mereka menyediakan pemesanan tiket pesawat dan penginapan murah via online.

Apa cukup sampai di sana? Ternyata tidak. Kegiatan backpacker juga memerlukan keterampilan supaya dapat mengantisipasi dan mengatasi berbagai kendala di tempat tujuan. Bagi kamu yang masih pemula dalam kegiatan backpacker, penting untuk mengetahui tips-tips di bawah ini.

1. Menabung
Hal penting yang harus ada sebelum kamu pergi berwisata adalah biaya. Kebanyakan orang menggunakan pendapatan pada bulan di mana mereka akan berwisata sebagai ongkos. Cara ini tidak salah jika pendapatan kamu memang jauh melebihi keperluan bulanan. Namun, jika sebaliknya, upayakan menabung beberapa bulan sebelum keberangkatan. Hal ini untuk mencegah kehabisan uang usai berlibur.

2. Buatlah Rencana Sesuai Bujet
Lakukan perincian biaya untuk segala keperluan meliputi tiket masuk ke tempat wisata, konsumsi, akomodasi, dan keperluan pribadi. Setelah itu, buatlah prediksi berapa biaya yang harus dikeluarkan. Pastikan total biaya sesuai dengan bujet yang kamu miliki. Hindari memaksakan membeli oleh-oleh secara berlebihan supaya anggaran tidak membengkak.

3. Tentukan Destinasi yang Dituju
Tentukan destinasi wisata yang akan kamu tuju beserta jarak, akomodasi, dan estimasi waktu perjalanan menuju ke sana. Dengan perhitungan yang cermat, waktu tidak akan terbuang sia-sia dan liburan menjadi lebih efektif. Sebisa mungkin atur tujuan wisata yang berada di satu jalur supaya lebih menghemat waktu dan sumber daya.

4. Siapkan Barang-barang Keperluan dengan Baik
Kelengkapan barang-barang yang kamu bawa sangat penting selama melakukan perjalanan backpacker. Catat barang-barang penting yang tidak boleh tertinggal seperti dokumen perjalanan, obat-obatan, bank daya, jas hujan atau payung jika kamu bepergian di musim hujan, dan pakaian. Bawalah barang secukupnya sesuai dengan tempat yang akan dituju dan berapa lama kamu berwisata.

5. Memilih Penginapan yang Dilengkapi Dapur
Biaya untuk konsumsi biasanya memakan jatah lumayan banyak dari anggaran. Jika kamu ingin lebih berhemat, pilihlah penginapan yang memiliki dapur. Setidaknya kamu dapat memasak mi instan atau menyeduh kopi, daripada selalu makan di kafe atau restoran. Cukup sesekali saja makan di luar untuk mencicipi kuliner lokal. Upayakan selalu membawa botol air supaya tidak perlu membeli minuman tempat wisata atau di perjalanan yang pastinya lebih mahal.

6. Ketahui Alat Transportasi Alternatif
Menyewa kendaraan memang efektif dan nyaman untuk berwisata seharian. Akan tetapi, untuk ber-backpacker hemat sebaiknya menggunakan transportasi umum. Apalagi jika berkunjung ke negara dengan aturan sewa dan tata tertib berkendara yang lebih rumit. Dapatkan peta jalur kereta api dan bus beserta jadwalnya supaya kamu mudah mengatur perjalanan.

7. Rajinlah Memantau Harga Tiket Promo
Sebagai backpacker, kamu harus jeli melihat peluang mana saja yang dapat dihemat. Salah satunya soal tiket pesawat. Ada waktu-waktu tertentu di mana harga tiket lebih rendah daripada biasanya. Misalnya ingin menikmati pantai ‘perawan’ di Lampung, maka rajinlah memantau harga tiket pesawat promo ke Lampung jauh sebelum waktu keberangkatan.

MARKETEERS X








To Top