Consumer Goods

Tujuh Tips Operasional untuk Kedai Kopi Di Tengah Wabah COVID-19

Ilustrasi: 123RF

Penyebaran virus corona terus ditekan oleh kita semua. Berbagai macam pencegahan untuk mengurangi risiko penyebaran virus ini pun kian digalakan dari banyak pihak, tidak terkecuali pelaku usaha kedai kopi di Tanah Air.

Untuk para pemilik kedai kopi, PT Toffin Indonesia, perusahaan penyedia produk dan jasa disektor horeca (hotel, restoran, cafe), memberikan rekomendasi agar tetap beroperasi namun tetap meminimalisir penyebaran virus.

“Kami mengajak seluruh mitra dan pelaku bisnis lainnya untuk tetap menjaga kebersihan outlet. Selain itu, pastikan bahwa pekerja dalam keadaan prima dan membuat pelanggan merasa aman untuk datang dan menikmati produk mereka,” jelas Ario Fajar, Head of Marketing Toffin Indonesia.

Berikut tips lainnya:

Thermometer

Pemasangan thermometer masih terbilang efektif untuk melakukan penyaringan orang yang masuk ke dalam kedai. Anda bisa menggunakan thermogun yang dipasangkan menggunakan tripod, atau pun menyediakan satu petugas yang bertanggung jawab melakukan pengukuran.

Tidak menggunakan tumbler

Penggunaan tumbler sebaiknya dihindarkan untuk waktu ini. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus lewat tumbler.

Cangkir sekali pakai

Sebagai alternatif penggunaan tumbler, kedai kopi bisa menyajikan minuman mereka menggunakan disposable cup. Gelas ini dapat langsung dibuang setelah dipakai.

Masker bagi pelayan dan barista

Baik pelayan ataupun barista wajib menggunakan masker selama bertugas. Tidak lupa melakukan filter kesehatan juga terhadap para karyawan tersebut.

Hand sanitizer & disinfektan

Di sini, Anda bisa memastikan ketersediaan hand sanitizer di beberapa sudut kedai, kasir, dan pintu. Selain itu, penyemprotan disinfektan secara berkala juga bisa dilakukan sebelum dan setelah toko beroperasi.

Jaga jarak aman

Berlakukan jarak bagi pelanggan yang sedang mengantre untuk memesan minuman atau pun posisi tempat duduk.

Komunikasi

Jangan lupa, komunikasikan prosedur tersebut dengan bahasa dan penyampaian yang jelas dan sopan. Sampaikan bahwa Anda peduli terhadap keselamatan dan kesehatan pelanggan juga seluruh orang di kedai Anda.

MARKETEERS X








To Top