Finance

Tutup Tahun 2019, Amartha Salurkan Pendanaan Rp 1,8 Triliun

Menutup tahun 2019, Amartha berhasil mendapatkan pendanaan seri B yang mencapai Rp 1,8 triliun dari Line Ventures dan didukung oleh beberapa perusahaan seperti Bamboo Capital Partners dan UOB Venture Management. Berkat pendanaan tersebut, Amartha pun berhasil mencatatkan penyaluran pendanaan tumbuh dua kali lipat di akhir tahun 2019.

Sebelumnya, per Oktober 2019 Amartha mengumumkan telah menyalurkan pendanaan sebesar Rp 1,44 triliun kepada lebih dari 300.000 perempuan pengusaha mikro. Kali ini, Amartha mengklaim bahwa penerima pendanaan mereka meningkat menjadi 380.000 mitra. Tingkat rasio kredit bermasalah (NPL) Amartha pun juga terjaga di bawah 1% dengan nilai 0,8%.

Dalam siaran persnya, Amartha menjelaskan bahwa mereka menerapkan tiga lapis mitigasi resiko kredit macet yang membuat NPL perusahaan tetap terjaga. Pertama, melalui skema pendampingan langsung para Mitra Amartha oleh petugas lapangan Amartha (Business Partner Amartha) dalam pertemuan majelis mingguan. Kedua, penggunaan sistem kredit skoring dan teknologi machine learning yang dikhususkan untuk segmen usaha mikro di pedesaan. Ketiga, asuransi pendanaan bekerja sama dengan perusahaan penjamin kredit.

Pertumbuhan yang signifikan ini juga dipengaruhi oleh ekspansi Amartha ke berbagai daerah di Indonesia, seperti Sulawesi, Lampung, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, dan Jambi. Selain itu, Amartha juga berhasil menambah jumlah Pendana Amartha yang mencapai 100 ribu pengguna dari provinsi Aceh hingga Papua, dengan tiga provinsi perdana terbanyak dari DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

“Di 2020, Amartha akan berfokus untuk terus berekspansi ke seluruh wilayah Indonesia, dengan menjaga pertumbuhan perusahaan yang bekelanjutan dan menguntungkan,” ujar Andi Taufan Garuda Putra, Pendiri dan CEO Amartha.

Amartha pun berkomitmen untuk mengedepankan inovasi dengan meluncurukan berbagai produk dan program beyond lending untuk mitra dan pendana Amartha di tahun 2020. Perusahaan fintech p2p lending ini juga akan terus merilis layanan keuangan digital tambahan bagi mitra Amartha.

Tidak hanya itu, berbagai produk investasi bagi pendana Amartha juga bekerja sama dengan perusahaan aset manajemen dan perbankan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan customer experience yang lebih baik.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top