Finance

UangTeman Raih Kucuran Dana Segar dari Silicon Valley dan Jepang

Photo Credits: UangTeman

Pemain bisnis fintech peer to peer lending, UangTeman kembali memperoleh suntikan dana setelah menyelesaikan pendanaan tranche Seri B1 beberapa bulan lalu. Lembaga keuangan asal Jepang, ACA Investments mengonfirmasi pendanaan tranche Seri B2 UangTeman. Tak hanya itu, investor asal Silicon Valley, Pegasus Tech Ventures, serta perusahaan modal ventura Jepang, Spiral Ventures, juga turut berpartisipasi dalam pendanaan Seri B2 tersebut.

Presiden Direktur dan Pendiri UangTeman Aidil Zulkifli menilai, suntikan dana segar di awal tahun ini menandai posisi UangTeman yang kian kuat di industri fintech lending Indonesia.

“Jika tingkat pertumbuhan menjadi sesuatu yang seksi dan akan menjadi nilai valuasi yang tinggi, saya juga percaya inti kelangsungan bisnis startup adalah fundamental ekonomi dan keberlanjutan dalam jangka panjang. Kami bersyukur memiliki mitra baru yang tidak hanya membawa permodalan, namun juga memberikan dukungan kuat dan membimbing kami menjadi good lender sekaligus menghadapi tantangan ke depan,” ujar Aidil di Jakarta, Senin (24/02/2020).

Sebelumnya, UangTeman telah memperoleh pendanaan Seri B senilai US$ 10 juta. Dana yang dikucirkan pada Agustus 2019 itu diperoleh dari perusahaan modal ventura asal Amerika Serikat, Draper Associates dan KDDI Open Innovation Fund dari Jepang.

Kini, UangTeman akan fokus menyalurkan pinjaman dengan prinsip socially responsible. Menurut Aidil, hal ini dilakukan lantaran perusahaan tidak sekadar ingin mengejar growth volume pinjaman, tetapi juga memastikan kemampuan nasabah untuk mengembalikan pinjaman tersebut demi meningkatkan kualitas pinjaman di masyarakat sehingga ekosistem fintech lending di Indonesia tetap solid dan sehat.

“Perusahaan berharap dapat terus mendukung UangTeman dalam melakukan ekspansi pertumbuhan pinjaman daring ke beberapa daerah di Indonesia. Kami optimistis, UangTeman dapat melaksanakan visi mereka dan memiliki dampak besar pada perekonomian Indonesia selama beberapa tahun ke depan,” ujar CEO & General Partner Pegasus Tech Ventures Anis Uzzaman.

Bersamaan dengan pendanaan yang telah didapatkan perusahaan, UangTeman juga mengonfirmasi telah melakukan penandatanganan perjanjian pembiayaan utang dengan sejumlah lembaga keuangan Indonesia untuk penyaluran pinjaman.

Selain itu, UangTeman sedang memfinalisasi fasilitas pinjaman pembiayaan konsumen dengan perusahaan permodalan asal Inggris dan diharapkan dapat selesai pada Februari 2020. Ini akan menjadi peningkatan pendanaan terbesar sejak perusahaan didirikan. Kini, UangTeman fokus menyasar segmen ritel dan transaksi mikro termasuk para pelaku usaha mikro hingga ke sejumlah daerah di Indonesia.

MARKETEERS X








To Top