Lifestyle & Entertainment

UN Women dan IBCWE Serukan Kesetaraan Gender lewat Lari

Sumber: IBCWE

Isu kesetaraan gender masih ramai dibicarakan. Apalagi, isu ini banyak disalahartikan. Disampaikan oleh Shinta Widjaja Kamdani, Presiden Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE), kesetaraan gender bukan berarti mengutamakan peran perempuan dalam berbagai aspek hidup, tapi menyamaratakan posisi laki-laki dan perempuan di garis kedudukan yang sama.

“Gender tidak seharusnya menjadi pembatas. Baik laki-laki maupun perempuan merupakan bagian dari hidup yang harus salling mendukung karena keduanya memiliki kemampuan yang sama dan setara. Sehingga, sudah sepantasnya memiliki posisi yang sama rata pula,” kata Shinta.

Inilah yang mendorong UN Women dan IBCWE untuk menggelar HeforShe Run 2020. Ajang lari yang diselenggaran kedua kalinya di Indonesia ini menjadi bentuk dukungan terhadap kesetaraan gender. Dalam HeforShe Run 2020, IBCWE dan UN Women menggandeng sejumlah perusahaan untuk bekerja sama, yaitu PT Unilever Indonesia Tbk, PT Bank BTPN Tbk, dan beberapa perusahaan yang mendukung kesetaraan gender di lingkungan kerja.

HeforShe Run 2020 merupakan gerakan solidaritas yang diprakarsai oleh UN Women di mana laki-laki dan anak laki-laki dapat terlibat sebagai agen perubahan dalam pencapaian kesetaraan gender. Dari data yang diungkapkan oleh UN Women, belum ada negara yang mencapai kesetaraan gender secara sempurna.

Perempuan dari berbagai negara masih menghadapi tantangan seperti norma sosial yang tidak sesuai dengan hak perempuan, kekerasan, serta diskriminasi gender. Hal ini berakibat pada kesempatan terbatas yang dialami perempuan dalam menjalani kehidupannya.

“HeforShe Run 2020 menjadi ajang kami untuk membangun pesan bahwa laki-laki harus mendukung perempuan untuk meraih pencapaian hidupnya. Kami tidak membicarakan mengenai mengalah untuk menang atau menjadi gender yang paling dominan. Tapi, bagaimana perjalanan untuk mencapai garis finish adalah sebuah kolaborasi antara laki-laki dan perempuan untuk meraih tujuannya,” lanjut Shinta di Jakarta, Rabu (26/02/2020).

Memperkuat pesan ini, IBCWE dan UN Women menggandeng Rexona sebagai salah satu merek produk kecantikan dan perawatan tubuh dari Unilever. Sejalan dengan kampanye Gerak Tak Terbatas, dan aplikasi Gerak by Rexona yang ditujukan untuk program donasi kepada kaum disabilitas, HeforShe Run 2020 menjadi cara Rexona untuk memaksimalisasi kampanyenya agar memberikan pengaruh pada masyarakat.

“Lewat dukungan ini, kami memperkuat pesan kampanye Gerak Tak Terbatas. Dengan bergerak, banyak sekali aspek hidup yang dapat berubah, terutama dukungan untuk berkolaborasi dan berprestasi antara laki-laki dan perempuan,” kata Ira Noviarti, Beauty and Personal Care Director PT Unilever Indonesia Tbk.

HeforShe Run 2020 akan digelar pada 8 Maret 2020 di kawasan The Breeze, Bumi Serpong Damai, Tangerang.

Editor: Muhammad Perkasa Al Hafiz

MARKETEERS X








To Top