UNIQLO Bawa Motif Batik untuk Koleksi LifeWear S/S 2022

profile photo reporter Clara Ermaningtiastuti
ClaraErmaningtiastuti
06 April 2022
marketeers article
UNIQLO kembali bekerja sama dengan desainer Bai Soemarlono atau yang dikenal dengan Bai Populo untuk koleksi terbaru mereka. Keduanya memperkenalkan Batik Motif Collection Spring/Summer 2022 yang tidak hanya mengusung kekayaan seni dan budaya Indonesia tetapi juga mengutamakan kenyamanan penggunanya.
Koleksi LifeWear ini meluncur secara resmi pada 4 April 2022 dan menawarkan produk-produk pakaian dengan desain motif batik eksklusif yang bisa digunakan sehari-hari.
Ini bukanlah kolaborasi perdana UNIQLO dan Bai Soemarlono. Sebelumnya pada tahun 2021 perusahaan ritel asal Jepang tersebut juga menggandeng desainer yang sama dengan koleksi yang terinspirasi dari budaya Indonesia.
“Ini merupakan wujud dukungan kami kepada para seniman Indonesia dalam melestarikan budaya. Salah satunya dengan kembali berkolaborasi bersama desainer Tanah Air. Lewat koleksi dengan desain yang eksklusif, sinergi ini diharapkan mampu memberikan inspirasi berpakaian batik untuk sehari-hari,” ujar Marketing Director & e-Commerce Head Business Unit PT Fast Retailing Indonesia Daniel Pieter Sumual.
UNIQLO dan Bai Soemarjono pada koleksi kali ini ingin mengajak pecinta fesyen untuk melihat motif batik secara berbeda. Bukan hanya sebagai tampilan visual tetapi juga media penyampaian pesan yang dapat memunculkan perasaan tertentu bagi pemakainya.
UNIQLO Batik Motif Collection Spring/Summer 2022 Designed by Bai Populo ini diharapkan bisa memberikan pengalaman bagi masyarakat untuk menikmati karya batik sebagai sebuah seni. Melalui desain pada kolaborasi tersebut, Bai Soemarlono juga mengangkat nilai-nilai yang membawa masyarakat untuk lebih menjaga lingkungan untuk kehidupan yang lebih nyaman.
“Dunia kita sedang menghadapi dua tantangan besar yang sangat erat hubungannya yaitu krisis iklim dan efek pandemi. Keduanya hanya dapat diselesaikan jika umat manusia berhenti menggunakan alam sebagai sumber daya dan sebaliknya memahami bahwa kita hanyalah bagian dari alam,” pungkas Bai Soemarlono.
Ia menambahkan ketika manusia merusak alam, mereka merugikan diri sendiri. Karenanya, Bai Soemarlono ingin memilih motif batik untuk koleksi kali ini dengan didasarkan pada filosofi Jawa untuk menghormati alam sebagai ekosistem yang lebih besar.
Koleksi ini terdiri dari sembilan produk di antaranya kemeja laki-laki dengan enam motif dan enam warna. Sedangkan busana wanita terdiri dari satu blus dengan tiga pilihan warna yang keseluruhan motifnya memiliki makna dan cerita berbeda satu sama lain. Untuk pakaian laki-laki dapat dibeli dengan harga Rp 399.000 dan untuk blus perempuan  Rp 299.000.

Related