Technology

Usaha Quipper dalam Pemerataan Pendidikan Berkualitas

Quipper bekerja sama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi, serta HaloHola melaksanakan kolaborasi program “Quipper Hybrid Learning dan Peningkatan Kapasitas Tenaga Pendidik” pada 22-24 Juli 2019 dan akan terus berlanjut sampai November mendatang.

Program ini dilaksanakan di Kabupaten Halmahera Barat, Provisi Maluku Utara yang merupakan salah satu dari 122 Kabupaten yang tergolong dalam wilayah tertinggal. Program ini bertujuan untuk pemerataan pendidikan berkualitas di daerah terpencil.

Hybird Learning atau metode pembelajaran yang dilakukan dengan menggabungkan pendampingan langsung lewat tatap muka dan online yang sangat tepat dilakukan di daerah dengan keterbatasan jaringan internet,” jelas Hanani Faiza, Content Manager Quipper Indonesia.

Priyono, Direktur Pengembangan Sumberdaya Manusia Kemendesa PDT menambahkan alasan pemilihan lokasi dikarenakan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Halmahera Barat sangat kecil, hanya 64. Sedangkan rata-rata IPM nasional mencapai 74. Oleh karena itu, kerjasama di bidang pendidikan ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Selain memberikan pengajaran bagi para siswa melalui Hybird Learning, Quipper juga berfokus pada peningkatan kualitas pendidikan dengan memberikan seminar dan pelatihan untuk para guru. Itje Chodidjah selaku Education Expert mengatakan bagian terpenting dalam proses mengajar bukan hanya mendidik siswa namun juga penguasaan materi, manajemen kelas, dan komunikasi yang baik.

Itje juga menambahkan, jika pelatihan peningkatan kapasitas pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah dan juga Quipper tidak boleh berhenti di Halmahera Barat saja, tetapi juga harus dipantau perkembangannya.

Quipper pun juga berharap implementasi program Hybird Learning ini juga dapat diterapkan di daerah tertinggal lain di Indonesia. Harapannya, seluruh anak Indonesia dapat merasakan kualitas pendidikan yang baik.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top