Technology

Voice Shopping Jadi Tren Belanja Konsumen China

Photo Credits: ALIZILA

China menjadi salah satu negara dengan perubahan customer behavior yang begitu cepat. Bagaimana tidak, keseriusan Alibaba mengembangkan berbagai inovasi teknologi di setiap lini kehidupan masyarakat China mau tak mau mendorong perubahan perilaku bagi masyarakat tersebut. Termasuk, urusan belanja. Bukan lagi bicara soal tren belanja di e-commerce melalui smartphone, konsumen China telah beralih untuk berbelanja melalui smart speaker.

Voice Shopping menjadi cara berbelanja baru yang kian diganderungi di China. Konsumen China lebih memilih berbelanja online menggunakan smart speakers dibandingkan menggunakan smartphone mereka.

Mengambil contoh momen Festival Belanja 11.11 lalu, Alibaba Group merilis, terdapat lebih dari satu juta transaksi yang dilakukan melalui Tmall Genie (smart speaker yang dikembangkan Alibaba).

Alibaba A.I. Labs, unit penelitian Artificial Intelligence (AI) yang berada di belakang Tmall Genie mengatakan, jutaan pembeli tercatat melakukan transaksi untuk berbagai jenis produk melalui smart speaker. “Saat Mega Sale, terdapat 810 ribu telur yang terjual, 1,4 juta ton beras, dan 76 ton likuid detergen,” tulis Alibaba A.I. Labs dalam keterangan resmi.

Ketika melakukan pemesanan melalui smart speaker, konsumen hanya perlu mengatakan apa yang ingin mereka pesan, seperti, “Tmall Genie, saya ingin membeli beberapa telur.” Smart speaker tersebut kemudian akan merekomendasikan beberapa produk yang dapat dipilih oleh konsumen tersebut.

Ketika konsumen telah mengonfirmasi pesanan dan alamat pengiriman yang dituju, smart speaker akan langsung memproses pembayaran melalui e-wallet Alipay. Tak berhenti sampai di situ, konsumen pun dapat melihat secara detil status pengiriman produk tersebut melalui Taobao dan Tmall (e-commerce yang milik Alibaba).

“Tmall Genie telah menjadi bagian yang esensial dari daily life banyak keluarga. Sejauh ini, lebih dari 40% pengguna Tmall Genie telah mencoba fitur voice shopping. Kami berharap, penggunaan virtual assistant ini dapat menolong banyak orang dari berbagai kelompok usia untuk mengadopsi kehidupan digital yang mudah, menyenangkan, informed, dan terkoneksi,” ungkap Miffy Chen, general manager of Alibaba A.I. Labs.

Smart speaker ini juga telah menggandeng sejumlah merek di luar Alibaba Group, seperti Starbucks. Konsumen China dapat memesan menu Starbucks yang mereka inginkan hanya melalui suara. Pesanan pun dijanjikan tiba kurang dari 30 menit.

Laporan Euromonitor International per Oktober 2019 menunjukkan, lebih dari tiga juta Tmall Genie telah terjual hingga kuartal tiga 2019. Pencapaian ini membuat Tmall Genie menjadi merek smart speaker terlaris di China selama tiga kuartal berturut-turut.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top