Government & Public Services

Wisatawan Didominasi Milenial, Kemenpar Sarankan Bangun Destinasi Digital

Photo Credits: 123rf

Milenial menjadi pasar wisatawan yang besar dan terus bertumbuh. Mereka juga membawa pengaruh yang luar biasa. Selain karena jumlah milenial yang tidak sedikit, generasi ini juga vokal dalam menyuarakan aspirasi mereka  (big and loud). Di satu sisi, digital merupakan dunia yang dekat dengan generasi ini. Tak heran, jika Menteri Pariwisata menyeru para pemain industri ini untuk membangun destinasi digital.

“Lebih dari 50% traveller yang datang ke Indonesia adalah milenial. Milenial adalah masa depan pariwisata Indonesia. Who wins the future, wins the game. Ini adalah implementasi kebijakan Kementerian Pariwisata yang serba digital melalui Tourism 4.0,” kata Menpar Arief Yahya di Kabupaten Garut, Jawa Barat (02/09/2019).

Menpar Arief Yahya menjelaskan, saat ini terjadi perubahan perilaku wisatawan yang semakin digital di mana lebih dari 70 persen dari mereka melakukan ‘search and share’ melalui platform digital.

Ia mengajak semua pihak untuk mengantisipasi perubahan perilaku wisatawan tersebut dengan memfasilitasi tersedianya objek pariwisata terbaik bagi kaum milenial.

Kemenpar mengajak pemerintah daerah dan stakeholder pariwisata membangun fasilitas destinasi digital dalam wujud pasar wisata digital dengan menawarkan berbagai atraksi menarik yang dibutuhkan generasi milenal dalam berwisata. Beberapa di antaranya yaitu spot foto, kuliner unik, maupun atraksi wisata menarik (instagramable) untuk diunggah atau ‘diviralkan’ di media sosial.

Langkah ini diharapkan mampu memaksimalkan pergerakan dan perjalanan wisatawan khususnya wisatawan milenial.

MARKETEERS X








To Top