Lifestyle & Entertainment

Riset: Wisatawan Semakin Prioritaskan Kemudahan Ketimbang Harga

Survei Travelport Global Digital Traveler Research 2019 pada 23 ribu responden di 20 negara, termasuk Indonesia, menemukan bahwa banyak wisatawan saat ini semakin memprioritaskan kemudahan dibandingkan permasalahan harga. Ini terlihat dari hasil riset yang menemukan hanya 18% responden yang memesan tiket pesawat berdasarkan harga tiket pesawat.

Untuk semua kategori usia, saat memesan tiket penerbangan, wisatawan biasanya ingin mempersonalisasi pengalaman mereka sendiri (42%) melalui tambahan berupa extra legroom (tempat duduk yang lega), tambahan bagasi dan peningkatan menu makanan.

Ada sekitar 24% wisatawan yang lebih suka menerima penawaran yang bisa dipercaya (berkualitas), seperti Flexi (fleksibel) dan Saver (lebih hemat), untuk memenuhi tingkat kebutuhan personalisasi dasar.

Menurut Chief Customer and Marketing Officer Travelport Fiona Shanley, wisatawan juga seorang konsumen. “Mereka ingin merasakan pengalaman solusi digital secara sederhana dan menarik dari penyedia jasa perjalanan dan agen travel,” ujarnya.

Ada sekitar 71% dari wisatawan yang saat ini menganggap penting sebuah maskapai penerbangan menawarkan pengalaman digital yang baik ketika memesan tiket penerbangan (naik 3% dibandingkan 2018). Selain itu, ada 58% yang juga mempertimbangkan hal ini ketika memilih akomodasi (naik 7% dibandingkan 2018).

Saat merencanakan sebuah perjalanan, sebanyak 77% wisatawan telah meninjau video dan foto yang diposting oleh agen perjalanan di media sosial. Ada 36% dari wisatawan Gen Y yang saat ini ‘hampir selalu’ melakukan hal ini dalam proses pencarian. Facebook dinilai sebagai platform media sosial yang paling berpengaruh oleh semua kelompok umur kecuali Gen Z yang menempatkan Instagram sedikit lebih berpengaruh daripada Facebook

Bagi Fiona, penelitian terbaru dari Travelport secara global menunjukkan bahwa teknologi adalah kunci. “Mulai dari menyajikan penawaran yang relevan dan dipersonalisasi hingga memberikan proposisi yang menarik dari sumber terpercaya,” tutupnya.

Editor: Sigit Kurniawan

 








To Top