Finance

Women in Business 2019: CFO Jadi Posisi Terpopuler Bagi Perempuan Indonesia

Ilustrasi: 123rf

Eksistensi sosok perempuan dalam dunia bisnis tidak perlu diperdebatkan lagi. Kehadiran figur perempuan di manajemen perusahaan sudah menjadi hal yang lumrah dalam dekade terakhir. Hal ini pun telah membawa pandangan berbeda dari para pria serta terbukti mampu meningkatkan kinerja perusahaan.

Para perempuan dalam dunia bisnis tentunya memiliki strategi sendiri bagaimana menyeimbangkan dunia kerja dan keluarga sehingga kehidupan keluarga berjalan aman di saat karir juga terus menanjak.

Menjelang Hari Kartini, Grant Thornton menyajikan data terkait perempuan Indonesia yang berkecimpung dalam dunia bisnis. Data tersebut ada dalam Women in Business 2019, laporan tahunan Grant Thornton yang memberikan gambaran dan perspektif perempuan di dunia bisnis dari seluruh dunia.

Berdasarkan survei yang dilakukan di 37 negara, Indonesia melejit di peringkat dua setelah India untuk negara yang tercatat paling sedikit posisi manajemen senior yang tidak terdapat perempuan di dalamnya. Survei mencatat hanya 2% dari perusahaan di Indonesia yang seluruh posisi manajemen senior dikuasai oleh pria, selebihnya tercatat setidaknya satu wanita memegang posisi strategis kepemimpinan perusahaan.

Laporan ini juga mencatat tiga strategi yang paling banyak dilakukan perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan maupun menjaga keseimbangan gender. Pertama, menyediakan program mentoring. Kedua, memungkinkan fleksibilitas dalam dunia kerja. Dan, ketiga adalah memastikan akses yang setara antara pria dan perempuan terkait peluang kerja.

Jika berbicara mengenai posisi di manajemen senior yang paling banyak dipegang oleh perempuan. CFO (Chief Financial Officer) ternyata memiliki populasi terbanyak. Tercatat, 50.4% perusahaan memiliki perempuan sebagai pemegang jabatan tertinggi pada bagian keuangan mereka.

Posisi tersebut diikuti Human Resources Director (Direktur Sumber Daya Manusia) yang berada di angka 26% dan CMO (Chief Marketing Officer) di kisaran 18.9% untuk posisi terbanyak yang dipimpin para srikandi dalam struktur organisasi perusahaan.

 

Editor: Eko Adiwaluyo








To Top