Xiaomi Mix Fold 2, Smartphone Lipat Berlensa Leica

profile photo reporter Bernadinus Pramudita
BernadinusPramudita
16 September 2022
marketeers article
Xiaomi Mix Fold 2 (FOTO: mi.com)
Xiaomi belum lama ini merilis ponsel lipat terbarunya, yakni Mix Fold 2 pada Agustus lalu. Smartphone ini adalah salah satu perangkat lipat tertipis. 
Ukurannya 5,4 mm saat dibuka, dan 11,2 mm saat dilipat. Jika dibandingkan dengan Galaxy Z Fold4 6.3mm/15.8mm, ponsel Xiaomi ini lebih tipis.
Ponsel baru ini memiliki keunggulan ukuran yang jelas dibandingkan Galaxy Z Fold4. Ponsel Xiaomi 1 gram lebih ringan dan secara keseluruhan lebih tipis dari Samsung. 
Layar luarnya juga lebih besar yaitu 6,56 inci dibandingkan layar Fold4 yang 6,2 inci. Layar bagian dalamnya membentang 8,02 inci, atau total luas 206 cm persegi, sedangkan layar lipat Galaxy Z Fold4 berukuran 7,6 inci atau 183,2 cm persegi.
Samsung memiliki beberapa keunggulan tersendiri. Multitasking di Galaxy Z Fold4 jauh lebih canggih. 
Ponsel milik Samsung lebih mudah untuk membuka aplikasi dalam tampilan layar terpisah, yang tidak dapat dilakukan oleh Xiaomi Mix Fold 2. Itu karena Galaxy Z Fold4 yang menjalankan Android 12L, yang dioptimalkan untuk ponsel lipat, sementara Xiaomi tetap menggunakan Android 12 biasa.
Di luar tampilan, smartphone lipat baru Xiaomi ini dilengkapi dengan dapur pacu dengan spesifikasi yang mengesankan. Performanya maksimal berkat Snapdragon 8+ Gen 1 terbaru dengan RAM 12GB. 
Dari segi kamera, ada kamera utama Sony IMX766 50MP 1/1.56″ bermerek Leica yang stabil secara optik. Bagian belakang juga menampung kamera ultrawide 13MP dan modul telefoto 8MP dengan zoom optik 2x.
Xiaomi Mix Fold 2 juga memiliki baterai 4.500mAh yang layak dengan pengisian daya 67W yang mengesankan. Galaxy juga memiliki sertifikat tahan air IPX8 dan dukungan untuk S Pen. 
Terakhir, Galaxy Z Fold4 dapat dipesan di seluruh dunia, sedangkan Mix Fold 2 tetap eksklusif di Cina.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related