Automotive

Xpander Cross, Mobil Keluarga untuk Segala Medan

Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) membuat gebrakan di penghujung tahun 2019. Agen pemengang merek (APM) kendaraan penumpang dan niaga ringan merek Mitsubishi ini melakukan world premiere untuk Xpander Cross. Sebuah kendaraan crossover yang memadukan kenyamanan sebuah multipurpose vehicle (MPV) dengan ketangguhan sebuah sport utility vehicle (SUV).

Peluncuran perdana dunia di Indonesia ini membuktikan bahwa Indonesia benar-benar sudah menjadi pasar utama bagi Mitsubishi Motors Corporation (MMC). Mitsubishi Xpander Cross bukan hanya untuk memenuhi permintaan dalam negeri, tapi juga akan masuk pasar ekspor, terutama di kawasan ASEAN.

“Kami tidak hanya menawarkan produk berkualitas seperti Xpander di Indonesia, tapi juga mendukung himbauan pemerintah Indonesia dalam memperkuat perekonomian negara ini. Adanya Xpander Cross kapasitas produksi pabrik Mitsubishi  di Indonesia akan kami tingkatkan untuk memenuhi permintaan dalam negeri dan ekspor,” kata Takao Kato CEO Mitsubishi Motors Corporation, saat peluncuran hari ini (12/11/2019).

Saat ini, lanjutnya, kapasitas produksi maksimum pabrik Mitsubishi di angka 160 ribu unit per tahun. Tahun depan, dengan adanya Xpander Cross ini kapasitas produksi akan mencapai 220 ribu unit per tahun. Porsi produksi untuk Xpander sendiri, secara keseluruhan, akan mencapai 160 ribu unit per tahun.

Sementara itu, Presiden Direktur PT MMKSI Naoya Nakamura mengatakan bahwa Xpander Cross akan menemani konsumen Indonesia untuk menikmati gaya hidup baru. Menurutnya, pertumbuhan ekonomi di negara ini telah mengubah kebiasaan sehari-hari orang Indonesia yang semakin sibuk bekerja, sehingga quality time bersama keluarga berkurang.

“Lewat Xpander Cross, Mitsubishi ingin memastikan orang Indonesia bisa mendapatkan quality time bersama keluarga. Kendaraan ini tidak hanya cocok untuk keseharian, namun juga untuk berpetualang di berbagai medan,” kata Naoya.

Mitsubishi Xpander Cross mengusung tagline, yakni Don’t Stop. Xpand Your Adventure. Kendaraan ini merupakan perpaduan design eksterior yang tangguh serta interior kabin yang nyaman dan luxurious.

Target Segmen dan Harga

Secara positioning, Xpander Cross berada di antara small MPV dan Low SUV. Memiliki ground cleareance 225mm, tertinggi di kelasnya. Kenyamanan sebuah MPV ditunjukkan dengan kabin untuk 7 penumpang yang lebih luas 25mm dibanding para kompetitornya.

“Di segmen ini ada irisan karakter antara konsumen small MPV dan low SUV. Mereka adalah orang berusia 35 – 50 tahun yang mengutamakan keluarga dan menginginkan kendaraan yang praktis dan nyaman untuk berpetualang bersama keluarga,” tambah Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI.

Di sisi lain, Xpander Cross juga menjawab kebutuhan konsumen Low SUV. Mereka yang punya gaya hidup dinamis dan menginginkan mobil dengan gaya stylish dan gagah.

Xpande Cross menggunakan mesin gasoline 1.5L MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system) DOHC 16 valve yang memudahkan pengoperasian dari RPM rendah ke tinggi. Mesin 4A91 pada Xpander Cross
merupakan peningkatan dari seri 4A9 yang ada dengan peningkatan efisiensi bahan bakar dan kehalusan suara mesin. Bahkan, model baru ini menjadi yang paling senyap di kelasnya. Mendekati 80% articulation index, berkat material penyerap suara dan penghambat getaran dengan high-performance.

Mobil ini sudah siap dipesan oleh konsumen di seluruh diler kendaraan penumpang Mitsubishi. Memiliki tiga varian, yakni M/T seharga Rp 267.700.00, A/T harganya Rp 277.700.000, dan leather seat premium package A/T yang dibanderol Rp 286.700.000








To Top