Government & Public Services

Yayasan NextICorn, Cara Kominfo Lahirkan Unicorn Baru

SumberL: Kominfo RI

Kementerian Komunikasi dan Informasi RI telah melaksanakan program Next Indonesia Unicorn (NextICorn) sejak tahun 2017. Program ini merupakan upaya pemerintah untuk menciptakan marketplace yang lebih terstruktur dan tertata bagi startup di Indonesia untuk bertemu investor dalam memperoleh pendanaan. Tahun ini, Kominfo semakin menguatkan fungsi program ini dengan membentuk yayasan NextICorn.

Yayasan NextICorn didirikan dengan tujuan untuk melembagakan keberlangsungngan kerja sama antara pemerintah dengan ekosistem yang diwakili oleh tokoh-tokoh yang telah memberikan warna bagi wajah ekonomi digital di Indonesia. Pembentukan yayasan ini menunjukkan semangat pemerintah sebagai fasilitator untuk mendorong startup dalam membangun ekosistem digitalnya sendiri.

“Pembentukan yayasan NextICorn bukan hanya berorientasi kepentingan dan keuntungan jangka pendek masing-masing. Langkah mendirikan yayasan merupakan bagian dari proses pembangunan ekosistem jangka panjang yang berkelanjutan sehingga industri ekonomi digital dapat berkembang lebih baik,” ujar Rudiantara, Menteri Kominfo di Jakarta, Jumat (12/04/2019).

Rudiantara melanjutkan bahwa Yayasan NextICorn diharapkan akan memfasilitasi startup Indonesia. “Diinisiasi oleh industri, dijalankan oleh industri, dan untuk industri. Kedepannya, Yayasan NextICorn diharapkan dapat membentuk startup unicorn baru dan terus dikembangkan untuk memfasilitasi unicorn menjadi decacorn,” tutup Rudiantara.








To Top