Government & Public Services

Yayasan Peta Bencana & BNPB Ajak Masyarakat Berbagi Info Bencana via PetaBencana.id

PetaBencana.id

Yayasan Peta Bencana dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengadakan kegiatan nasional kesiapsiagaan bencana untuk pertama kalinya. Bertajuk #112Challenge, kegiatan ini didukung oleh PLN dan Bank BNI. Bersamaan dengan 112Challenge, keduanya juga meluncurkan platform PetaBencana.id.

Membawa format kompetisi, kegiatan ini diikuti lebih dari 125 organisasi di 56 kabupaten/kota dan 17 provinsi di Indonesia.  Di sana, para warga mensimulasikan pelaporan banjir dan pembagian informasi real-time melalui PetaBencana.id. 

PetaBencana.id adalah platform yang menyediakan informasi bencana real-time dan komunikasi transparan antara warga dan lembaga pemerintah. Platform ini dihadirkan untuk mengurangi risiko dan mempercepat waktu tanggap darurat.

“Platform online ini memanfaatkan penggunaan media sosial untuk memilah informasi bencana dari warga di lokasi bencana. Informasi ini langsung tersaji dalam peta berbasis web,” papar Nashin Mahtani, Direktur Petabencana.id.

Dengan inisiatif ini, Nashin berharap dapat meningkatkan kesiapsiagaan bencana dari tingkat masyarakat dengan semangat gotong-royong. 

“Transparansi platform ini menyediakan keterbukaan akses pada informasi darurat yang dibutuhkan banyak pihak. Prinsip kolaborasi pun sangat dibutuhkan,” komentar Agus Wibowo, Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB.

Di dalam perjalanannya, Petabencana.id sudah digunakan sejak tahun 2013 oleh jutaan orang di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), Bandung, Semarang dan Surabaya. Yayasan Peta Bencana mengembangkan platform ini hingga memenangkan beberapa penghargaan seperti United Nations Public Service Award 2019. Palang Merah Internasional juga merekomendasikan proyek ini sebagai model untuk partisipasi masyarakat dalam merespons bencana.

Terhitung saat ini, semua penduduk Indonesia bisa mengirimkan laporan bencana dengan mencuit di Twitter @petabencana, mengirim pesan Facebook ke @petabencana, atau mengirim pesan Telegram ke @bencanabot. 

MARKETEERS X








To Top