Lifestyle & Entertainment

YouTuber Kini Bisa Dapatkan Pendapatan Lebih Tinggi

Sumber: 123RF

YouTube meningkatkan fitur monetisasi bagi kreatornya yang memiliki pendapatan berbasis iklan. Hal ini dengan mengizinkan kreator untuk meningkatkan harga subscription, membeli Super Stiker berbentuk animasi, dan lebih banyak partner merchandise.

Dilansir dari Variety, YouTube juga akan mengembangkan fitur beramal, YouTube Giving, sebagai cara bagi kreator untuk berdonasi.

Saat YouTube memperkenalkan Channel Membership, pihaknya memberlakukan tarif tunggal US$ 4,99 (setara dengan Rp 70 ribu) per bulannya. Kini, berdasarkan peraturan baru yang ditetapkan YouTube, kreator bisa menentukan lima harga berlangganan yang berbeda. Hadirnya aturan ini juga dibarengi dengan peningkatan akses untuk melakukan live streaming dan video ekslusif, logo unik, notifikasi dari kreator, dan emoji.

YouTube telah melakukan serangkaian tes uji coba akan peraturan baru ini. Salah satunya bekerja sama dengan kreator terpilih seperti FBE (Fine Brother Entertainment). Kanal tersebut menawarkan harga berlangganan awal US$ 4,99 dengan program tier kelas silver bulanan dengan manfaat diskon merchandise, logo unik, emoji custom, dan kesempatan untuk mengikuti audisi. Di program tier kelas Gold, akun ini menawarkan biaya berlangganan sebesar US$ 9,99 (setara dengan Rp 140 ribu).

Akun kanal ini juga menawarkan program tier kelas Diamond dengan harga US$ 24,00 (Rp 350 ribu). Program ini memberikan kesempatan anggotanya untuk memilih topik video untuk salah satu episode FBE dan mendapatkan video khusus. FBE mengungkapkan aturan ini meningkatkan pendapatan keanggotan kanal mereka hingga enam kali lipat.

Editor: Sigit Kurniawan

 








To Top