Digital

Zenius Bebaskan Akses Video Pembelajaran untuk Perluas Jangkauan Pendidikan

Setelah berkiprah di dunia platform pendidikan selama lebih dari 15 tahun, Zenius menunjukkan komitmen mereka untuk fokus mendorong kemajuan pendidikan di Indonesia. Kali ini, mereka membuka akses ke lebih dari 80.000 video pembelajaran di platform Zenius. Video-video tersebut dapat diakses melalui situs resmi mereka dan aplikasi.

Tujuan dari bebas akses video pembelajaran ini adalah menjangkau lebih luas para pelajar, guru dan para pelaku dunia pendidikan di seluruh Indonesia. Program ini juga menjadi inovasi terbaru dari Zenius untuk memberikan manfaat kepada lebih banyak anak Indonesia.

Chief of Education Initiatives Zenius Education Amanda Witdarmono mengungkapkan bahwa tantangan besar di berbagai daerah adalah persebaran tenaga pendidik dan sumber materi belajar. Hal tersebut berhubungan dengan geografis Indonesia yang berbentuk negara kepulauan. Dan teknologi internet diyakini mampu membantu penanggulangan masalah ini.

“Distribusi tenaga pendidik dan materi belajar akan sulit dan memakan waktu yang lama untuk menjangkau seluruh pelosok Indonesia. Terlebih lagi jika hanya didistribusikan melalui jalan darat dan laut saja. Karena itu, perlu solusi yang efektif dan efisien dengan bantuan teknologi internet untuk mempercepat jangkauan materi belajar dan tenaga pendidik,” ujar Amanda, (18/12/2019).

Selain masalah distribusi materi ajar, nyatanya perbedaan rasio guru dan siswa juga menjadi tantangan untuk dunia pendidikan di Indonesia. Data dari Kemendikbud tahun 2018 menyebutkan bahwa rasio guru dan siswa di Indonesia masih jauh dari proporsi ideal. Di tingkat S, rasio tersebut menyentuh angka 1:38, di tingkat SMP 1:35 dan di tingkat SMA 1:34.

Dengan membuka akses video pembelajaran secara luas, Zenius berharap dapat membantu para pelajar serta pengajar di Indonesia. Sehingga, siswa bisa belajar dengan lebih baik sesuai dengan minat dan bakat mereka.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top