Career

Zilingo Bagikan Empat Tips Jaga Kelangsungan Bisnis Saat COVID-19

Photo Credits: 123rf

Pandemi COVID-19 membawa banyak perubahan bagi kehidupan sebagian besar orang di dunia. Lanskap bisnis pun turut berubah, dan mau tak mau para pebisnis harus beradaptasi dengan perubahan yang begitu cepat terjadi.

Hendak berbagi inisight, VP and Country Head Zilingo Ade Yuanda Saragih menjelaskan empat tips yang bisa dilakukan perusahaan untuk menjaga kelangsungan bisnis selama masa pandemi COVID-19. Apa saja?

Jadikan keselamatan karyawan, pelanggan, dan mitra bisnis sebagai prioritas utama

Himbauan pemerintah agar masyarakat mempraktikan physical distancing guna mencegah penyebaran virus telah dilakukan. Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi Provinsi Jakarta per tanggal 30 Maret 2020 mengumumkan, lebih dari satu juta tenaga kerja yang bekerja di lebih dari 2.500 perusahaan telah menerapkan sistem Work from Home (WFH).

Perusahaan Anda pun perlu menerapkan hal serupa. Jadikanlah keselamatan karyawan, pelanggan, dan mitra bisnis sebagai prioritas utama.

Ingatkan mereka untuk menerapkan standarkebersihan yang baik, menghindari tempat-tempat ramai dan meminimalkan kontak sosial serta menahan diri dari perjalanan yang tidak perlu. Jika memungkinkan, ciptakan rasa aman dengan melakukan desinfeksi di seluruh ruang kantor. Perusahaan juga perlu untuk terus memantau kondisi kesehatan para karyawan.

Maksimalkan penggunaan teknologi saat WFH berlangsung

Guna mempersiapkan karyawan menerapkan WFH, para pemimpin dan manajer perlu memastikan para karyawan memiliki akses ke teknologi yang diperlukan. Perusahaan harus dengan cepat memastikan setiap karyawan memiliki beberapa opsi teknologi untuk berkomunikasi, tidak hanya melalui email .

“Di Zilingo, kami memanfaatkan semua saluran komunikasi, mulai dari email, group chat, konferensi video, rapat daring, dan berbagai software manajemen proyek yang dapat membantu karyawan dan mitra bisnis kami untuk melayani para pelanggan dan membantu merchants kami menghadapi pandemi ini,” jelas Ade di Jakarta, Senin (30/04/2020).

Zilingo bahkan terus memantau kinerja para merchants melalui dashboard eksklusif, Zilingo Seller Center. Para rekanan pabrik Zilingo dapat melacak hasil keluaran produksi (output) mereka dari smartphone tanpa perlu mengunjungi pabrik dengan menggunakan layanan perangkat lunak tersebut.

Kontak mitra bisnis secara berkala untuk tindakan pencegahan

Bagi perusahaan yang menyediakan produk dan layanan kepada pelanggan, segera hubungi mitra bisnis masing-masing, misalnya logistik.

Hal ini dilakukan untuk memastikan semua telah menjalankan protokol keselamatan yang direkomendasikan dalam kegiatan operasional sehari-hari.  Tidak hanya itu, hal ini juga dapat digunakan untuk memastikan produk tersebut aman, ditangani dengan sangat hati-hati, dan bebas dari kemungkinan infeksi virus atau bakteri.

Pilih platform pengadaan daring untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda

Berkat kemajuan teknologi saat ini, semakin banyak pilihan platform pengadaan daring yang tersedia untuk dimanfaatkan dalam situasi WFH. Pengadaan daring tidak hanya fleksibel dan menghemat waktu, tetapi terbukti dapat mengurangi biaya transportasi, pengiriman, dan biaya tak terlihat lain.

Brands dan bisnis hanya perlu menempatkan pesanan di platform pengadaan dan para pemasok yang menerima pesanan secara langsung akan bekerja untuk memenuhi persyaratan pesanan dengan respon yang lebih cepat dibandingkan metode tradisional.

Salah satu dari banyak platform pengadaan online di Indonesia adalah Zilingo Trade. Platform ini membantu perusahaan dan bisnis untuk mendapatkan harga yang kompetitif dari produsen, serta menawarkan bantuan untuk negosiasi harga sebagai layanannya. Dengan semua keunggulan dan fleksibilitas yang ditawarkan, Zilingo menjamin perusahaan dapat memastikan kelancaran operasi bisnis mereka meskipun bekerja dari rumah.

“Saya sangat terinspirasi oleh upaya kolektif dari seluruh tim kami yang saling mendukung untuk memenuhi kebutuhan yang kian berkembang dari para pelanggan dan mitra kerja kami. Saya optimis bahwa kita semua dapat melewati masa sulit ini. Semoga kita selalu terlindungi, terjaga dan selalu berhati-hati,” tutup Ade.

Most Popular








To Top