Mshop-leaderboard-mobile
Opinion

Menangi Kompetisi, Brand Harus Bisa Empower Customer

Menangi Kompetisi, Brand Harus Bisa Empower Customer 44220378_l
Sumber: 123rf

Lanskap kompetisi di era digital seperti sekarang ini berbeda dengan era sebelumnya. Anda tidak bisa lagi hanya mengandalkan lagi kocek besar, tim pemasaran dan penjualan yang kuat, penguasaan media komunikasi yang banyak. Di era saat ini, pemenang kompetisi adalah mereka yang mampu empowering customer.

Empower yang seperti apa? Pada tulisan “Dalam Servis Era Sekarang, Time is Power”, dikatakan bahwa kecepatan sebuah servis atau real-time delivery itu menjadi kunci sebuah service power yang mumpuni di era sekarang. Pakar pemasaran Hermawan Kartajaya dalam tulisannya di Majalah Marketeers edisi Juli 2017, mengatakan empowering customer mengacu pada upaya brand memberi kekuasaan kepada customer. Mereka harus dibuat seolah-olah memiliki brand itu sendiri (own the brand).

Dalam konteks zaman sekarang yang mana konsumen makin banyak tuntutan (demanding) dan teknologi menyediakan layanan kekinian (real-time), pemenang kompetisi tak lain adalah mereka yang mampu empowering the customer dengan cara real-time delivery. Intinya, pelanggan tidak hanya menuntut layanan yang mampu memberi pengalaman yang WOW, tetapi juga layanan yang cepat.

Di sini, ada ketepatan produk, kecepatan proses, dan kesigapan orang-orang yang melayani. Caranya seperti apa? Caranya dengan 5S, yakni Story, Style, Synergy, Substance, dan Surprise. Ulasannya bisa Anda baca di “Service Power dengan 5S”.

Memang, dunia saat ini sarat dengan paradoks. Sebuah brand bisa memiliki power justru ketika ia mau dan mampu sharing power kepada para pelanggannya. Bagaimana pendapat Anda?

Untuk ulasan lebih mendalam beserta contoh praktis, nantikan kehadiran Buku Service Power: From WOW to NOW! Dan ikuti 1st WOW Service Day yang akan hadir di 17 Kota Besar Indonesia mulai 11 Juli 2017. Info: wowserviceday.com

Most Popular








To Top