Serius di Industri Gaming, Netflix Rencanakan Produksi 55 Game Baru
Netflix telah memperluas permainan cloud dengan membuka studio game baru di California Selatan. Mike Verdu, Wakil Presiden Divisi Game Netflix mengungkapkan dua informasi mengenai masuknya raksasa streaming ke dalam game.
Menurut Verdu, Netflix “secara serius meneliti potensi cloud gaming.”
BACA JUGA: Netflix Mulai Tindak Pengguna yang Berbagi Akun Mulai 2023
“Ini adalah nilai tambah. Kami tidak meminta Anda untuk berlangganan sebagai pengganti konsol. Ini adalah model bisnis yang sama sekali berbeda. Harapannya seiring waktu, ini menjadi cara yang sangat alami untuk bermain game di mana pun Anda berada,” katanya dikutip dari Digit.in, Rabu (19/10/2022).
Verdu mengatakan saat ini ada 55 game yang dalam proses pengerjaan. Game-game ini menawarkan intellectual property (IP) berlisensi seperti ‘Spongebob Squarepants’ dan game yang dibuat berdasarkan IP original milik perusahaan seperti ‘Stranger Things’. Selain itu, perusahaan sedang membuat game aslinya.
BACA JUGA: Netflix Umumkan Rumah Produksi Game Milik Perusahaan
Netflix memperluas studio internalnya di California untuk mempercepat pengembangan game. Mantan Produser Eksekutif ‘Overwatch’, Chacko Sonny, akan bekerja sebagai kepala studio di California. ‘Overwatch’ menjadi hit besar di Blizzard Entertainment, menghasilkan miliaran dolar Amerika Serikat (AS).
“Dia bisa melakukan apa saja, tapi dia memilih untuk datang ke sini. Anda tidak akan membuat orang-orang seperti itu datang ke organisasi Anda untuk membangun hal besar berikutnya dalam permainan kecuali ada perasaan bahwa kami benar-benar terlibat untuk jangka panjang dan di dalamnya untuk alasan yang tepat,” kata Verdu.
Sejak mengumumkan masuknya ke pasar game, Netflix memiliki 35 game yang tersedia dan 14 lagi dalam pengembangan di studionya sendiri, kata laporan itu. Divisi game milik Netflix tentu belum memiliki pemasukan sebesar divisi utamanya, yakni platform streaming video.
Akan tetapi, langkah Netflix untuk merambah masuk di industri game menandakan perusahaan menginginkan portofolio baru. Menambahkan lebih banyak komponen sosial kemungkinan merupakan salah satu cara Netflix bertujuan untuk menarik dan mempertahankan pelanggan dengan lebih baik.
Namun, sejauh ini, perusahaan belum memiliki jumlah peminat yang terlalu besar untuk permainan selulernya. Perusahaan data aplikasi Apptopia baru-baru ini menemukan game milik perusahaan hanya memiliki rata-rata 1,7 juta pengguna setiap hari, menurut laporan CNBC.
Secara total, dua lusin permainan lebih dalam katalog perusahaan memiliki hanya 23,3 juta unduhan hingga saat ini. Netflix, sebagai perbandingan, memiliki 221 juta pelanggan.
Editor: Ranto Rajagukguk