Tips Mengatur Bujet Dapur agar Cashflow Tetap Terkendali

profile photo reporter Maida Beryl S
MaidaBeryl S
15 Agustus 2022
marketeers article
Prima Freshmart membagikan sejumlah tips untuk mengatur keuangan dapur (Sumber: Prima Freshmart)
Mengelola keuangan keluarga bukanlah suatu hal yang mudah. Bagi para pengemban peran ‘menteri keuangan keluarga’ di dalam rumah, dibutuhkan waktu dan pikiran untuk berfokus dalam mengatur bujet, terutama untuk kepentingan dapur. 
Pangan merupakan kebutuhan pokok setiap orang yang tidak mungkin dilewatkan. Untuk itu, bujet untuk kebutuhan makan sehari-hari biasanya menjadi salah satu sumber pengeluaran yang membengkak karena sifatnya yang reguler dan kontinu. Banyak yang beranggapan bahwa memasak makanan sendiri di rumah adalah solusinya. Tapi ternyata, hal tersebut tidak akan efektif jika budgeting kebutuhan memasak tidak disiasati dengan baik. 
Supaya dapur tetap ‘ngebul’, agaknya kita harus memutar otak agar uang belanja dapur tetap sesuai dengan anggaran agar cashflow tetap terjaga. Lalu bagaimana cara mengatur keuangan untuk kepentingan dapur?  Prima Freshmart melalui GM Marketing Prima Freshmart Laurensius Zaouputra membagikan tips mudah mengatur keuangan agar bujet kebutuhan dapur terpenuhi dan cashflow tetap terjaga.
Buat Daftar Menu Mingguan
Terkadang, saat berbelanja kebutuhan dapur, terlintas pemikiran ‘siapa tau dibutuhkan’ yang menyebabkan pembelian bahan masakan secara berlebihan. Pemikiran tersebut dapat menimbulkan terbuangnya bahan masakan karena membusuk di dapur lantaran bingung akan diolah menjadi menu apa. 
Dengan membuat menu mingguan, dapat diketahui apa saja kebutuhan bahan-bahan masakan sehingga dapat meminimalisasi risiko terbuangnya bahan dapur akibat pembusukan. Selain itu, cara ini juga bisa menekan bujet dapur karena tidak akan membeli bahan-bahan yang tidak dibutuhkan.
Terapkan Teknik Food Preparation
Tantangan lain yang dihadapi dalam menjaga bujet keuangan adalah menjaga agar bahan-bahan yang dibeli tetap dalam kondisi baik sehingga dapat dimanfaatkan dan tidak perlu membeli kembali bahan. Teknik food preparation dapat membantu mengorganisasi bahan-bahan masakan sehingga produk akan lebih tahan lama. 
Food preparation merupakan ​​metode mempersiapkan bahan baku mentah menjadi siap masak yang meliputi mencuci, memotong, mencincang, dan lain-lain. Teknik ini dapat membantu untuk mempersiapkan semua bahan agar sesuai dengan menu mingguan yang telah dirancang sebelumnya. Dengan teknik food preparation ini, penyimpanan makanan jadi jauh lebih rapi sehingga bahan akan lebih awet dan tidak ada bahan yang terbuang.
Cerdas Manfaatkan Promo
Salah satu tips paling ampuh untuk menghemat budget dapur adalah memanfaatkan promo. Ikuti dan pantau beberapa akun media sosial yang sering mengunggah informasi seputar promo yang sesuai dengan kebutuhan.
Bandingkan harga dari sejumlah toko dan pastikan promo tersebut dapat membantu menjaga pengeluaran kebutuhan dapur dan sesuai dengan daftar menu mingguan. Jangan membeli barang atau bahan karena tergiur promo padahal bahan atau barang tersebut belum tentu dibutuhkan.
Kreatif dalam Mengolah Bahan Sisa
Jika Anda telah menyusun menu mingguan dan melakukan food preparation namun masih ada bahan yang tersisa, coba kreasikan bahan tersebut menjadi olahan makanan lain. Carilah resep yang sesuai dengan bahan sisa yang dimiliki agar bahan tersebut tidak terbuang sia-sia. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi pengeluaran untuk bahan makanan.
Editor: Ranto Rajagukguk

Related