Tren Mobile Gaming Jadi Peluang Baru Bagi Perusahaan Streaming

marketeers article

Lonjakan minat konsumen terhadap aplikasi mobile game di beberapa pasar negara berkembang seperti Indonesia mendatangkan peluang bisnis tersendiri bagi beberapa perusahaan. Tahun 2018 menjadi tahun yang menjanjikan bagi LiveMe. Pasalnya, tren mobile gaming membuat LiveMe mendapatkan pengguna baru hingga sebanyak tiga kali lipat atau mengalami peningkatan hingga 250% dalam waktu menonton rata-rata. Ia juga menggandakan daily active user (DAU) hanya dalam enam bulan dan di Indonesia saja.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Frost & Sullivan, Asia Tenggara menjadi kawasan yang paling cepat berkembang untuk game mobile di dunia, dengan pendapatan yang diproyeksikan melebihi US$ 7 miliar pada tahun 2019. Di Indonesia sendiri, menurut lembaga riset gaming global Newzoo, pendapatan dari industri game naik hingga US$ 880 juta pada tahun 2017. Dengan demikian, Indonesia menempati peringkat ke-16 pada industri game terbesar di dunia. Pendapatan untuk game mobile di Indonesia sendiri diprediksi akan mencapai US$ 504 juta tahun ini.

“Asia Tenggara memiliki potensi pasar yang belum tersentuh dan tidak terbatas dalam game mobile dan pasar eSports profesional. Selain itu, dukungan dari pemerintah lokal terhadap area ini pun telah melampaui harapan kami. Pasar yang berkembang mengingatkan saya pada saat eSports di China baru mulai diluncurkan. Kami berharap dapat menjadi penentu pertumbuhan pasar dengan memanfaatkan pengalaman dan sumber daya LiveMe, untuk menjembatani kesenjangan antara produsen game dan penonton,” ujar Yuki He, Chief Executive Officer LiveMe Inc.

Untuk menambah potensi yang ada dalam pasar game mobile, LiveMe meluncurkan Fluxr, platform live streaming untuk mobile game dan eSports. Fluxr bertujuan memberikan live streaming berkualitas tinggi, konten game yang kaya, dan komunitas permainan interaktif. Pada platform ini, pengguna dapat menonton live streaming game populer seperti PUBG MOBILE, Fortnite, Rules of Survival, Arena of Valor, League of Legends, dan Minecraft.

Fluxr juga mengumumkan kemitraannya dengan Tencent. Kemitraan strategis Fluxr dan Tencent akan menyediakan platform dan layanan untuk menghubungkan gamer, streamer, dan produsen game di seluruh dunia.

Editor: Sigit Kurniawan

Related

award
SPSAwArDS